Sukses

Kemajuan Farmasi Kurangi Efek Samping Kemoterapi

Bayangan efek samping kemoterapi yang begitu buruk kerapkali membuat orangtua ragu membiarkan anaknya jalani hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orangtua yang amat ketakutan ketika buah hatinya menjalani kemoterapi guna membunuh sel-sel kanker di tubuhnya. Bayangan efek samping kemoterapi yang begitu buruk kerapkali membuat orangtua ragu membiarkan anaknya jalani hal tersebut.

Siapa yang mau anaknya yang masih kecil mengalami mual, muntah, diare, sariawan, rambut rontok, demam dan infeksi. Namun penting diketahui bahwa kini kemajuan bidang farmasi melesat pesat sehingga sudah ada obat yang mampu membantu mengurangi efek samping yang mengganggu. 

"Jangan bayangkan kemoterapi saat ini seperti zaman dulu. Kemajuan di bidang farmasi sudah dapat membantu mengurangi beberapa efek samping yang mengganggu," terang dokter spesialis anak dari RS Kanker Dharmais Jakarta, Edi Setiawan Tehuteru di Alam Sutera, Rabu (3/2/2015).

Salah satu contohnya dengan kehadiran obat antimuntah yang mutakhir. Obat ini bisa mencegah anak alami muntah-muntah saat jalani kemoterapi.

"Saat ini pasien-pasien saya hampir tidak ada yang muntah karena kemoterapi," tutur dokter Edi lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini