Sukses

Menkes: Segera Periksa Bila Ada Benjolan

Memeringati Hari Kanker Sedunia, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menghimbau masyarakat untuk selalu hidup sehat dan segera memeriksakan diri

Liputan6.com, Jakarta Memeringati Hari Kanker Sedunia, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menghimbau masyarakat untuk selalu hidup sehat dan segera memeriksakan diri bila ada benjolan.

‎"Periksa segera adanya benjolan, seperti untuk mendeteksi kanker payudara dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Cara ini bisa dilakukan semua masyarakat untuk mencegah kanker yang saat ini masih tinggi," katanya saat memberikan sambutan di acara Seminar Nasional Hari Kanker Sedunia di RS Dharmais, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Menurut Menkes, ‎jumlah ‎penderita kanker semakin lama meningkat, angka kematian pun tinggi. Untuk itu, perlu ada gerakan seperti yang dicanangkan WHO, yaitu We Can I Can (Kita Bisa, Aku Bisa).

"Kalau kita tidak melakukan suatu gerakan untuk membantu mereka, betapa beratnya penderita kanker," ujarnya.

‎Menkes juga menekankan pentingnya pencegahan kanker. Sebab 70 persen terjadi di negara berkembang, dan 43 persen diantaranya merupakan penyakit yang kita dapat dicegah.

"Kita harap, lingkungan sehat, masyarakat melakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), menghindari asap rokok, meningkatkan gizi seimbang, aktivitas fisik dan mengenali gejalanya,"
katanya.

Bagi wanita diatas 40 tahun, Menkes juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear atau IVA untuk mencegah kanker leher rahim yang merupakan kanker terbanyak kedua setelah kanker payudara.

"Dengan pap smear atau IVA, kita bisa mencegah kanker leher leher rahim. Bahkan sebelum stadium 1, wanita bisa melakukan deteksi dini," pungkasnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.