Sukses

Menkes Anjurkan Wanita Hamil Tak Kunjungi Negara KLB Zika

Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek menyarankan wanita hamil untuk tidak berkunjung ke negara-negara yang kini sedang terjadi KLB Zika.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek menyarankan wanita hamil untuk tidak berkunjung ke negara-negara yang kini sedang terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Zika.

"Wanita hamil dianjurkan sebaiknya tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus Zika,”, pesan Nila seperti dikutip dari rilis pers yang dikeluarkan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemkes RI ditulis Kamis (4/2/2015).

Jika pun terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, Nila menyarankan hendaknya melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat. 

Wanita hamil dianjurkan sebaiknya tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus Zika

Beberapa caranya dengan memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles anti nyamuk, dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa anti nyamuk.

Selain itu dalam travel advisory yang dikeluarkan Rabu (3/4/2016) malam ini, Nila mengingatkan kepada masyarakat yang berkunjung ke negara-negara yang sedang terjadi KLB untuk menghindarkan dari gigitan nyamuk. Lalu, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila sakit. 

Berikut negara-negara yang mengalami KLB Virus Zika: Brasil, Cape Verde, Colombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname.

Sedangkan negara-negara yang memiliki status transmisi aktif, yaitu: Barbados, Bolivia, Curacao, The Dominican Republic, Ecuador, Fiji, French Guiana, Guadalope, Guatemala, Guyana, Haiti, Meksiko, New Caledonia, Nicaragua, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Samoa, Tonga, Thailand, US Virgin Islands, dan Venezuela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini