Sukses

Kasus Zika di Dallas Diduga Ditularkan Lewat Hubungan Seksual

Departemen Kesehatan di Dallas, Amerika Serikat melaporkan adanya penularan virus Zika lewat hubungan seksual pada Selasa (2/2/2016).

Liputan6.com, Jakarta Selama ini berbagai literatur menyebutkan virus Zika ditularkan lewat nyamuk. Namun, Departemen Kesehatan di Dallas, Amerika Serikat melaporkan adanya penularan virus Zika lewat hubungan seksual pada Selasa (2/2/2016) waktu setempat.

Awalnya ada seseorang yang pergi ke Venezuela dan sekembalinya dari sana terinfeksi Zika. Sedangkan pasangannya yang pernah melakukan hubungan seksual dengannya juga terinfeksi virus Zika. Padahal dia tidak bepergian ke mana-mana. Centers for Disease and Prevention lalu melakukan tes pada keduanya. Hasilnya mereka positif terinfeksi virus Zika. 

Baca Juga

"Pasien ini terinfeksi virus Zika usai melakukan hubungan seksual dengan pasangannya yang sakit sekembali dari negara yang sedang marak terjadi penularan virus Zika," terang juru bicara Departemen Kesehatan seperti dikutip dari laman CNBC News, Rabu (3/2/2016).

Direktur CDC, Thomas Frieden mengonfirmasi adanya seseorang yang tak melakukan perjalanan ke luar Amerika Serikat terinfeksi virus Zika. Dengan adanya kasus ini sepertinya semakin jelas kemungkinan virus Zika bisa menular lewat hubungan seksual.

"Sejauh ini yang kami ketahui penularan yang terjadi kemungkinan lewat hubungan seksual," terang Frieden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini