Sukses

Riset Ungkap Risiko Sejumlah Penyakit Terkait Tinggi Badan

Harvard School of Public Health menunjukkan temuan studi risiko kanker terkait tinggi badan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tinggi badan dapat menentukan risiko pengembangan kondisi kesehatan kronis.

Studi yang dilakukan Harvard School of Public Health and Medical School dan German Center for Diabetes Research menunjukkan, tubuh tinggi memiliki dampak terkait kematian dan juga penyakit tertentu akibat massa lemak pada tubuh juga faktor modulasi lainnya.

Matthias Schulze dari German Institute of Human Nutrition di Potsdam (DIfE) mengatakan bahwa data epidemiologi per 6,5 sentimeter (pada tinggi badan) membawa risiko mortalitas kardiovaskular menurun sebanyak 6 persen, namun angka kematian akibat kanker justru meningkat sebesar 4 persen. Dilansir dari laman The Health Site, Kamis (4/2/2016).

Para penulis menduga bahwa peningkatan tinggi badan merupakan penanda kelebihan gizi di masa pertumbuhan, yang berasal dari makanan berkalori tinggi dan juga makanan kaya akan protein hewani.

Data pun menunjukkan orang-orang tinggi akan lebih sensitif terhadap insulin, namun orang tinggi memiliki kandungan lemak pada hati yang lebih rendah, sehingga lebih rendah pula risiko terserang risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Mengingat faktor pertumbuhan yang berpengaruh terhadap tinggi badan hingga dewasa, para ilmuwan menyarankan agar para dokter khususnya, lebih sadar akan fakta-fakta terkait tinggi badan dengan ragam penyakit seperti jantung hingga risiko kanker.

Meski begitu, temuan ini akan terus dikaji lebih lanjut dalam menemukan jawaban pasti atas tinggi badan yang membawa pengaruh besar terhadap risiko kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.