Sukses

Masuki Masa Usia Lanjut dengan Sehat

Beranjak menua bukanlah hal yang harus ditakuti, asalkan mengetahui cara-caranya dan tekun menjalaninya.

Liputan6.com, Rochester - Menuju usia lanjut dengan sehat merupakan topik pembicaraan kaum ‘baby boomer’ (yang lahir sekitar era Perang Dunia II) di manapun. Ada sejumlah kekhawatiran, misalnya tentang penambahan berat badan, dorongan seksual atau penyakit-penyakit kronis.

Dikutip dari laman Mayo Clinic pada Kamis (4/2/2016), menyantap aneka ragam makanan sehat, mempraktikan pengendalian porsi, dan menyertakan kegiatan jasmani dalam rutin harian dapat sangat membantu menuju penuaan yang sehat.

Waspadalah jika ketertarikan pada penuaan yang sehat membuat kita mencari-cari terapi anti-penuaan semisal diet larangan, pasokan suplemen, dan perawatan-perawatan mahal yang mengaku dapat menunda atau memutar balik proses penuaan.

Tidak ada jalan pintas menuju penuaan secara sehat. Kenalilah apa yang kita belanjakan, dan kuasailah cara untuk mencirikan cara-cara yang mencurigakan. Kerap kali, terapi anti-penuaan tidak sebagaimana janjinya.

Masa Pensiun

Kebanyakan orang dewasa memikirkan bertahun-tahun cara dapatkan pensiun secara sehat. Baik dalam masa perencanaan ataupun sudah siap melakukanya.

Masih dari Mayo Clinic, mulailah dengan mempelajari apa yang kita inginkan ketika beranjak menua. Mulai dari perubahan massa otot, dorongan seksual, hingga penglihatan dan kesehatan jantung.

Memiliki masa pensiun yang sehat bergantung pada kesehatan yang baik. Karenanya pikirkan cara-cara untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pensiun. Mulai dari mengurangi risiko terjatuh dan tetap aman selagi mengemudi, hingga memperbaiki ingatan.

Satu aspek penting lainnya pada masa pensiun yang sehat adalah perawatan jangka panjang. Pikirkanlah pilihan-pilihannya sejak sekarang—termasuk cara membayarnya—untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Ketergantungan Lansia

Bagi para lansia yang bergantung kepada orang lain, perawatan yang berlangsung sering kali bisa diadakan di rumah. Jenis layanan perawatan rumahan yang tepat dapat mengarah kepada kemandirian dan memastikan mutu kehidupan lansia setinggi mungkin.

Jika sedang memikirkan keperluan-keperluan selagi beranjak menua, jelajahilah berbagai layanan yang tersedia bagi kaum lansia.

Misalnya, layanan perawatan rumahan dapat menyediakan beragam bantuan, mulai dari perawatan medis, terapi fisik, hingga nasehat gizi, penataan rumah, pengiriman makanan dan pendampingan.

Untuk membantu memilah pilihan bagi kaum lansia yang bergantung kepada orang lain, tanyakanlah sejak awal. Carilah kualifikasi agensi, mutu layanan, biaya dan adanya layanan spesifik.

Semakin kita tahu, semakin mudah untuk memilih agen atau penyedia perawatan terbaik untuk keperluan kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.