Sukses

Pria Harus Sesuaikan Latihan Fisik dengan Tipe Tubuhnya

Ternyata jenis latihan fisik harus disesuaikan dengan jenis bentuk tubuh pria.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya wanita yang memiliki bentuk tubuh ideal, bahkan sejumlah pria pun menginginkan tubuh yang sempurna dengan dada bidang, otot, hingga tinggi badan.

Yang membedakan ialah latihan fisik pria dan wanita, pada wanita biasanya menitik beratkan pada kencangnya tubuh, namun pada latihan fisik pria menunjukkan hasil tubuh yang berbeda-beda, yang disesuaikan pula dengan bentuk tubuh pria.

Seperti dilansir laman Muscle and Strength, ditulis Rabu (03/02/2016) ada tiga jenis tubuh pria sesuai karakteristiknya yaitu Ectomorph, Mesomorph dan Endomorph.

1. Ectomorph

Tipe postur tubuh ini memiliki sendi dan otot yang lebih kecil. Biasanya pria dengan ectomorph memiliki kaki yang panjang dengan otot-otot yang tipis seperti benang. Pada bagian bahu cenderung tipis dengan ukuran lebar bahu yang kecil.

Bentuk tubuh ini umumnya sulit untuk mendapatkan berat badan ideal, juga metabolisme yang cepat dalam membakar kalori. Tipe ecto ini lebih membutuhkan sejumlah kalori yang lebih besar untuk menambah berat badan.

2. Mesomorph

Struktur tulang dari tipe tubuh ini miliki otot-otot dengan ukuran besar dan tubuh terlihat atletik secara alami.

Mesomorphs adalah tipe tubuh terbaik bagi binaraga. Untuk menaikan atau menurunkan berat badan akan lebih mudah didapatkan oleh para pria dengan tipe tubuh mesomorph.

Ciri khas dari bentuk tubuh ini ialah atletis, bentuk otot tepat, dan tubuh berbentuk persegi panjang. Jenis tubuh mesomorph mampu merespon latihan beban dengan baik.

3. Endomorph

Lemak berlebih terletak pada tipe tubuh ini. Biasanya lengan dan kaki nampak lebih tebal dan besar dibanding bentuk tubuh lainnya.

Tipe endomorph memiliki otot yang kuat, terutama pada kaki bagian atas. Pada latihan fisik, pria dengan tubuh ini secara alami akan lebih kuat untuk lakukan latihan kaki seperti jongkok.

Untuk menjaga mengurangi lemak pada pria dengan tubuh endomorph, harus sering berlatih kardio serta latihan beban. Selain latihan fisik memperhatikan asupan protein yang cukup perlu dilakukan dalam diet mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.