Sukses

Studi Ungkap Program Baru Susutkan Berat Badan Pria secara Kilat

Mengontrol kalori dan protein mampu susutkan berat badan secara cepat.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti asal McMaster University telah menemukan bukti baru dalam upaya para pria mendapatkan otot yang baik, sekaligus menghilangkan lemak dengan mengelola berat badan, mengontrol kalori dengan menyeimbangkan pengonsumsian protein.

Stuart Phillips, seorang profesor di Departemen Kinesiologi di McMaster University, sekaligus peneliti senior dari studi tersebut mengatakan pada laman Detail, dikutip Selasa (2/2/2016), "Kami ingin melihat seberapa cepat perkembangan yang terjadi pada tubuh pria untuk mendapatkan bentuk tubuh yang maksimal dengan melihat lemak yang menghilang - namun tetap dapat mempertahankan kekuatan otot juga kebugaran mereka."

Para peneliti membagi subjek menjadi dua kelompok dengan 40 peserta berkelamin pria. Satu kelompok melakukan diet rendah kalori dan kelompok yang lainnya diet dengan tingkat protein lebih tinggi.

Kelompok dengan tingkat protein tinggi mengalami peningkatan otot sekitar 2,5 pon, sedangkan kelompok dengan protein lebih rendah tidak mengalami perubahan pada kekuatan ototnya.

Peneliti studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini lebih tertarik pada kelompok protein tinggi yang mengalami kehilangan lemak tubuh yang lebih banyak. Masing-masing peserta berkurang 10,5 pon lemak pada tubuhnya, dan para peneliti merasa terkejut dengan hasil tersebut.

Semua peserta melakukan rutinitas latihan fisik teratur selama enam hari di satu pekan. Karena semakin kuat dan bugar tubuh, akan mudah mendapatkan bentuk dan berat badan yang jauh lebih baik.

Peneliti mengaku merancang program tersebut untuk para pria muda yang mengalami kelebihan berat badan, untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

"Kami mengontrol diet mereka juga mengawasi latihan fisik mereka. Kami benar-benar melakukan pemantauan secara terus-menerus selama empat minggu dalam penelitian ini," jelas Phillips.

Phillips dan timnya berharap bisa melakukan studi lanjutan terhadap program tersebut yang diperuntukkan bagi para wanita. Dengan begitu diharapkan para wanita memiliki alternatif lain untuk susutkan berat badan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini