Sukses

7 Tips Jaga Kesehatan Kaki bagi Diabetesi

Tak lama lagi, impian Murtaza Ahmadi untuk menemui idolanya, Lionel Messi akan tercapai.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes dapat menyebabkan komplikasi sekunder. Salah satunya, ketika kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf dan gangguan sirkulasi darah dan infeksi pada kaki. 

Untuk mencegah komplikasi tersebut, penasehat medis, Dr. Kakalee Saha mengatakan ada beberapa tips sederhana untuk menjaga kaki diabetesi, seperti dikutip Indiatimes, Selasa (2/2/2016) seperti:

1. Periksa kaki rutin

Kita cenderung mengabaikan kaki kita. Namun setelah didiagnosis diabetes, baiknya periksa kaki setiap hari. Seperti misalnya perhatikan apakah ada luka, bintik-bintik merah, lecet dan bengkak. Gunakan cermin untuk memeriksa bagian bawah kaki Anda.

2. Rendam kaki dalam air sabun hangat setiap hari

Cuci kaki Anda dalam air hangat setiap hari. Selain membersihkan kaki, hal ini sekaligus memeriksa kondisi kaki. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki dengan baik, terutama di antara jari kaki untuk mencegah infeksi jamur.

3. Melembabkan kaki

Berikan losion pada permukaan dan bawah kaki untuk menjaga kelembapan. 

4. Potong kuku kaki seminggu sekali

Bersihkan kuku dari kotoran setidaknya seminggu sekali. 

5. Pilih sepatu dengan hati-hati

Pilihlah sepasang sepatu yang nyaman. Hindari berjalan tanpa alas kaki karena bisa melukai telapak kaki. Selalu periksa bagian dalam sepatu untuk memastikan apakah ada kerikil yang terselip untuk menghindari luka.

6. Jangan duduk terlalu lama

Jangan duduk bersila dalam waktu lama. Bila tak memungkinkan berdiri, gerakkan pergelangan kaki naik dan turun minimal 5 menit sekali. 

7. Periksa ke dokter secara teratur

Dokter akan memeriksa kaki untuk memastikan tidak ada komplikasi. Jangan lupa untuk menginformasikan kepada dokter apabila ada luka, lecet, atau sakit pada kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.