Sukses

Cara Ini Permudah Anak untuk Selesaikan Soal Matematika

Studi menemukan dengan teknik jari mempermudah anak untuk menyelesaikan beragam soal matematika

Liputan6.com, Jakarta Matematika diakui selalu menjadi mata pelajaran yang kurang disukai oleh sebagian besar anak. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan sejumlah anak yang mampu menyelesaikan soal matematika lebih cepat dan mudah dengan menggunakan jarinya. 

Para peneliti mengungkapkan bahwa anak yang menggunakan jari mereka untuk melacak sebuah soal misal dalam membaca geometri atau aritmatika mampu menyelesaikannya lebih cepat dibandingkan anak yang tidak menggunakan teknik jari ini, dikutip dari laman Times of India, Selasa (2/2/2016).

"Kami menemukan berbagai implikasi yang menunjukkan cara belajar matematika para siswa dapat ditingkatkan secara substansial dengan penambahan teknik sederhana ini (menggunakan jari) sebagai instruksi menyelesaikan soal," ujar Paul Ginns, dosen senior di University of Sydney.

Penelitian ini melibatkan 275 anak berusia 9 hingga 13 tahun yang menggunakan teknik jari untuk melacak soal matematika dalam bentuk soal geometri dan aljabar.

Jari telunjuk yang menyentuh sekaligus menelusuri sudut segitiga pada soal geometri mampu menghasilkan rangsangan dari proses otak yang menghasilkan informasi. Hal tersebut ternyata dapat mengurangi beban pada kerja memori anak.

Ginns mengatakan teknik ini dapat dijadikan sebuah pengajaran yang amat mudah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika khususnya pada beberapa bidang mata pelajaran tersebut.

Penelitian ini diterbitkan dalam Learning and Instruction and Applied Cognitive Psychology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.