Sukses

5 Rempah Herbal Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Otak Manusia

Liputan6.com, Jakarta Rempah-rempah ataupun bahan herbal amat berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan bebas kalori hingga bebas lemak membuat perbedaan yang begitu signifikan dari makanan herbal dibandingkan makanan kemasan.

Sejumlah penelitian menemukan adanya manfaat dari rempah dan bahan herbal untuk kesehatan otak manusia. Mempertajam memori, mampu mengurangi rasa kecemasan yang melanda pikiran manusia, bahkan berkemungkinan untuk melindungi otak dari jenis tumor otak.

Seperti dilansir laman Prevention, Senin (01/02/2016) berikut bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan otak manusia.

1. Daun peterseli dan thyme

Sebuah studi baru dari Brasil menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam peterseli dan thyme yang disebut apigenin, dapat memperkuat hubungan antara neuron dan sel stem pada otak.

Para peneliti berhipotesis bahwa apigenin dapat mempengaruhi pembentukan sel otak juga komunikasi pada penderita depresi, Alzheimer, dan Parkinson.

Giana Angelo, PhD, seorang peneliti di Micronutrient Information Center di Oregon State University's Linus Pauling Institute menjelaskan, "Penelitian ini menunjukkan bahwa apigenin dapat meniru estrogen, sehingga menimbulkan jenis perubahan sel yang sama", terang Angelo.

2. Chamomile

Seperti apigenin, studi laboratorium menunjukkan bagaimana cara kerja chamomile pada otak. Di mana chamomile mengandung senyawa yang mampu mengikat reseptor bahan kimia tertentu pada otak. Hal tersebut diduga dapat mengurangi kecemasan yang dirasakan manusia.

Dalam satu studi yang dilakukan pada selompok kecil orang dengan gangguan kecemasan, mengkonsumsi ekstrak chamomile dan delapan minggu kemudian mereka melaporkan penurunan rasa kecemasan yang diderita.

3. Kunyit

Angelo menjelaskan beberapa penderita Alzheimer yang mengkonsumsi kunyit, plak pada otaknya bisa berpotensi lebih bersih.

4. Sage

Kandungan sage dipercayai dapat meningkatkan memori. Pada dua studi kecil, kapsul ekstrak sage meningkatkan kinerja memori manusia.

"Studi pada hewan telah menunjukkan bahwa minyak esensial dan ekstrak dari sage mampu memblokir aktivitas enzim yang mempengaruhi fungsi kerja otak," jelas Angelo.

Namun Angelo menyarankan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen sage, karena sage bisa berbahaya bagi sebagian orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

5. Bawang putih

Bawang putih diyakini sebagai obat untuk tumor otak. Hal ini dapat dikuatkan dengan beberapa penelitian pada tahun 2007 perihal senyawa aktif dalam bawang putih yang mampu membunuh sel kanker yang tumbuh.