Sukses

5 Rempah-rempah Ini Bantu Pertajam Ingatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Herbal dan rempah-rempah bukan hanya dapat membantu diet Anda. Tapi bila dikonsumsi rutin, rempah-rempah ini ternyata bagus untuk kesehatan otak.

Seperti dilansir dari Prevention, Minggu (31/1/2016), sebuah penelitian pernah mengungkap manfaat rempah-rempah pada otak, seperti mempertajam ingatan, mengurangi kecemasan dan bahkan melindungi tumor otak. Untuk itu, tak ada salahnya menambah kelima rempah ini dalam setiap masakan Anda. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Peterseli dan Thyme

Sebuah studi terbaru dari Brasil menemukan, flavonoid dalam rempah-rempah ini atau yang disebut apigenin, memperkuat hubungan antara neuron dan sel-sel yang dapat membentuk neuron lainnya. Ilmuwan mengatakan, herbal ini bisa menangkal depresi, Alzheimer, dan Parkinson.

Sependapat, peneliti di Pusat Informasi Micronutrient di Oregon State University Linus Pauling Institute, Giana Angelo, PhD mengatakan, struktur kimia apigenin adalah mirip dengan estrogen. Dan estrogen dikenal dapat mempengaruhi perkembangan neuron.

2. Chamomile

Chamomile biasanya paling nikmat bila disajikan sebagai teh. Di balik manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh, tumbuhan ini ternyata mengandung senyawa yang mungkin mengikat reseptor bahan kimia otak tertentu sehingga membantu mengurangi kecemasan. 

3. Kunyit

Kita semua punya sel kekebalan yang disebut makrofag yang menghancurkan partikel asing. Tetapi pada beberapa pasien dengan Alzheimer, makrofag tidak dapat melakukan pekerjaannya. Dalam hal ini, senyawa tertentu yang ditemukan dalam kunyit dapat membentuk makrofag dan membersihkan plak dari otak yang memiliki gejala awal Alzheimer.

4. Sage

Dalam satu studi, disebutkan kalau sage berpengaruh pada tes memori dan fokus. Sage dinilai dapat memblokir aktivitas enzim yang mendegradasi neurotransmitter yang menjalankan fungsi otak. 

5. Bawang putih

Studi pada 2007 menemukan, bawang putih memiliki senyawa aktif tertentu yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah kepikunan.