Sukses

Karya Terkenal yang Terinspirasi dari Mimpi

Bagi orang-orang tertentu, mimpi menjadi sumber inspirasi yang paling dicari untuk berkarya dan menciptakan sesuatu.

Liputan6.com, Jakarta Inspirasi bisa datang dari mana saja termasuk dari mimpi seseorang. Mimpi atau yang sering disebut dengan bunga tidur memang seringkali menampakkan hal-hal yang maksudnya tidak dimengerti manusia. Tetapi bagi orang-orang tertentu, mimpi menjadi sumber inspirasi yang paling dicari untuk berkarya dan menciptakan sesuatu.

Berikut adalah beberapa contoh karya terkenal yang penciptanya mendapat inspirasi dari mimpi, dilansir dari laman Toptenz, Sabtu (30/1/2016)

John Lennon "Dreams”

Dari judulnya saja, lagu John Lennon yang satu ini sudah mengandung kata "mimpi". Memang Lennon menulis lagu terkenal ini setelah dirinya mendapatkan inspirasi dari mimpi yang dialaminya. Lennon mengaku bahwa dia sebenarnya ragu apakah benar-benar melihat dalam keadaan sadar atau hanya bermimpi. Namun yang pasti lagu ini telah sukses hingga mencapai peringkat 9 di Billboard Inggris pada masanya karena keindahannya. Anggota The Beatles lain, Paul McCartney juga menciptakan lagu “Yesterday” setelah mendapat inspirasi
dari mimpi.

Salvador Dali “Persistence of Memory”

Salvador Dali adalah pelukis terkenal yang memiliki aliran surealis. Ia, menurut Toptenz, membawa inspirasi yang didapatnya dari dunia mimpi ke dunia nyata melalui lukisannya yang diberi judul “Persistence of Memory”. Di lukisan tersebut Anda dapat melihat jam yang seolah menjadi lunak.

Menurut Dali, konsep tentang waktu memang menjadi semena-mena ketika manusia sedang bermimpi, itulah yang ingin disampaikannya melalui lukisan ini.

Christopher Nolan “Inception”

"Inception" adalah sebuah film yang sangat terkenal dengan bintang Leonardo diCaprio sebagai bintang utamanya. Film dengan genre thriller psikologis ini merupakan garapan dari sutradara ternama Christopher Nolan yang mengaku mendapat ide cerita ini dari mimpi. Nolan bahkan telah menulis draft pertama film ini sejak 8 tahun sebelum film ini kemudian dirilis pada tahun 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.