Sukses

Ukuran Meja Pengaruhi Porsi Makan Seseorang

Ukuran menentukan jumlah makanan yang disantap.

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah studi terbaru, ukuran meja memiliki dampak signifikan terhadap cara orang melihat makanan yang diletakkan di atasnya.

"Supaya makan lebih sedikit makanan, aturlah makanan dalam porsi kecil dan di meja besar," kata peneliti utama Brennan Davis, profesor di Orfalea College of Business, California, AS seperti dikutip dari situs Times of India, Selasa (26/1/2016).

Untuk penelitian ini, peneliti membagi empat loyang piza bulat besar dengan ukuran yang sama dengan irisan ukuran biasa (perdelapan) atau irisan kecil (16). Kemudian, letakkan dua kue di meja kecil yang ukurannya sedikit lebih besar dari piza.

Hasilnya, ketika mereka berpikir piza dengan irisan kecil-kecil tampak sedikit dan menganggap kalori yang dihasilkan tidak banyak, mereka pun menyantapnya dua kali lebih banyak. Hal sebaliknya dilakukan orang-orang yang berada di meja besar, makan lebih sedikit.

Temuan ini telah dipublikasikan ke dalam Journal of the Association for Consumer Research.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.