Sukses

3 Fakta Seputar Menstruasi

Menstruasi menimbulkan perubahan mood yang drastis pada wanita karena adanya perubahan hormon.

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi adalah hal yang biasa dialami wanita setiap bulan. Hal ini juga sering kali menimbulkan perubahan mood yang drastis karena adanya perubahan hormon. Hal inilah yang membuat banyak pria atau bahkan wanita lain juga yang malas berurusan dengan orang yang sedang dalam periode menstruasi.

Bagi wanita yang sedang haid, rasa nyeri di sekitar perut merupakan hal yang harus dihadapi. Tetapi di balik itu semua, ada beberapa fakta menarik seputar menstruasi yang diungkap oleh thoughtcatalog, Senin (25/1/2016):

Menstruasi membuat wanita lebih rileks

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa wanita yang sedang dalam siklus menstruasi menjadi lebih mudah emosi, kenyataannya saat haid wanita justru lebih mudah untuk tidur dengan lelap. Hal ini karena saat haid tubuh wanita menghasilkan progesteron dalam jumlah yang sedikit lebih banyak dari biasanya meskipun progesteron juga akan menurunkan libido wanita.

Jumlah darah yang keluar saat haid

Rata-rata wanita pertama kali mengalami siklus menstruasi saat mereka berumur 12 tahun. Siklus ini akan berakhir saat mereka berumur sekitar 50 tahun. Bagi Anda yang tidak mengetahuinya, siklus ini seolah akan membuat wanita kehilangan sangat banyak darah. Namun hal ini tidaklah benar karena setiap haid wanita hanya mengeluarkan darah yang setara dengan sekitar 2 cangkir.

Perubahan lain saat haid

Banyak yang mengatakan wanita yang sedang dalam siklus menstruasi akan mengalami perubahan pada suara mereka di mana mereka terdengar lebih feminin, meskipun tentu perubahan ini tidak akan terlalu terdengar jelas. Tetapi saat haid wanita ternyata bisa tetap hamil, apalagi jika hubungan seksual dilakukan di akhir siklus menstruasi karena sperma yang dihasilkan pria dapat bertahan hidup di dalam vagina hingga satu minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini