Sukses

Cukup Karbohidrat Bikin Orang Lebih Bahagia

Jangan merasa bersalah mengonsumsi karbohidrat. Tubuh membutuhkannya untuk membantu kerja otak lebih baik hingga mencegah penyakit jantung.

Liputan6.com, New York- Bagi yang menguruskan badan, biasanya diikuti dengan menurunkan jumlah asupan karbohidrat bahkan ada yang benar-benar menghindarinya. Padahal, asupan karbohidrat dibutuhkan tubuh. Untuk bisa berfungsi dengan baik, tubuh amat memerlukan karbohidrat.

Berikut beberapa alasan tak perlu menghindari karbohidrat seperti diungkap penulis The Small Change Diet, Keri Gans seperti dikutip Women's Health, Senin (25/1/2016).

1. Bantu kinerja otak lebih baik

Otak membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi dengan bail. "Otak bekerja salah satunya kerena glukosa, dan glukosa didapatkan dari karbohidrat. Sehingga jika kekurangan karbohidrat kemampuan untuk berpikir, belajarm dan mengingat akan menurun," terang Gans.

2. Mengurangi kembung

"Sumber karbohidrat yang baik seperti biji-bijian, buah dan sayuran mengandung banyak serat sehingga membantu menjaga gerakan usus tetap baik sehingga tak terjadi kembung," tutur Gans.

3. Buat jadi lebih bahagia

Sebagian besar karbohidrat mengandung triptofan yang membantu tubuh menghasilkan hormon serotonin. "Tanpa triptofan, Anda cenderung mudah depresi dan sulit tidur," papar Gans.

4. Lebih berenergi

Apa jadinya mobil tanpa bensin? Tentu saja tak bisa bergerak. Begitu juga Anda, karbohidrat berperan penting menjalankan tubuh.
"Karbohidrat adalah bahan bakar untuk tubuh karena kandungan glukosa. Ini adalah sumber pertama energi," terangnya.

5. Mencegah penyakit jantung

Riset menunjukkan sumber karbohidrat seperti roti, gandum, dan beras membatu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan menurunkan risiko terkena kolesterol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini