Sukses

5 Langkah Hilangkan Penyesalan Setelah Putus Cinta

Menyesal bukan waktu yang tepat setelah putus cinta

Liputan6.com, Jakarta Perpisahan memang bukan kondisi indah dalam sebuah hubungan. Namun bukan berarti berpisah menjadikan diri semakin terpuruk dan menyalahkan diri sendiri.

Ikhlas merupakan kata kunci untuk membantu diri keluar dari lingkaran hitam saat alami putus cinta. Tak hanya itu ikhlas pun membawa diri untuk bergerak ke depan menjalani hari-hari.

Memulihkan diri dari kondisi putus cinta memang butuh proses yang tidak cepat. namun dengan beberapa cara ini penyesalan diri akan segera hilang setelah putus cinta, dikutip dari laman Gurl, Jumat (22/01/2016).

1. Hindari menyalahkan diri sendiri

Merasa menyesal setelah berpisah dengan kekasih adalah hal yang wajar. Namun ini bukan saatnya Anda menyalahkan diri sendiri.

Cobalah untuk tidak menunjukkan penyesalan kepada orang di sekitar, karena menyalahkan diri sendiri tidak akan pernah ada habisnya. Dengan menerima kenyataan yang terjadi justru akan membuat diri menjadi mudah lupa akan sakitnya putus cinta. Tak hanya itu dengan ikhlas akan membantu Anda merelakan kepergiannya.

2. Evaluasi diri sendiri

Coba untuk mengingat tindakan atau perilaku apa saja yang setidaknya memiliki keterkaitan atas perpisahan Anda. Bukan berarti menyesali keadaan lebih lanjut melainkan mengevaluasi diri sendiri. Ini akan membantu seseorang memeriksa kekurangan agar tak terjadi hal yang sama di kemudian hari.

3. Berbincang dengan orang terdekat

Bertukar pikiran dan saling berbagi dengan teman atau keluarga dapat membantu diri untuk lupakan kesakitan setelah berpisah. Anda bisa mendapatkan dukungan juga candaan yang membuat diri lebih bersemangat lagi. Tapi hati-hati dalam berbicara - tak semua perlu Anda ceritakan karena terlalu banyak mengungkapkan hal yang bersifat pribadi justru berisiko buruk untuk kehidupan Anda.

4. Berpergian

Mengurung diri dalam kamar bukan pilihan yang baik setelah putus cinta. Pergilah berjalan-jalan, setidaknya merasakan udara di luar rumah dapat membangkitkan gairah hidup Anda jadi lebih stabil.

5. Ucapkan terima kasih dan lupakan

Berpisah bukan berarti memutuskan hubungan sepenuhnya dengan mantan kekasih. Ucapkan terima kasih atau kata maaf lewat sebuah pesan singkat untuk menjaga tali persaudaraan tetap baik. Kemudian buang semua kenangan Anda bersamanya, dan buka lembaran baru untuk masa depan yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini