Sukses

Mampu Kendalikan Stres Berarti Mampu Kontrol Gula Darah

Stres yang tak terkontrol dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan yang seolah tak ada habisnya sering kali jadi pemicu stres. Saat stres melanda, sisihkan waktu kerja Anda untuk merelaksasikan otak yang dipenuhi banyak pikiran. Carilah tempat yang sepi, lipat kedua kaki dalam keadaan duduk, lalu tarik napas panjang dan buang secara perlahan. Ulangi semampu Anda.

Stres yang tak terkontrol dapat menaikkan kadar gula dalam darah yang berisiko pada obesitas dan diabetes. Orang yang dalam keadaan stres umumnya lebih memilih untuk makan makanan manis dan asin, karena aktivitas mengunyah membuat mereka lebih nyaman.

Dr Edmun Jacobson, pediatriks asal London, Inggris, mengatakan, usia-usia 20 akhir harus lebih banyak melakukan hal-hal semacam ini. Jika perlu bergabung ke dalam satu komunitas yoga atau apa pun jenis aktivitas fisiknya yang dapat membuat otot menjadi tidak tegang.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Jumat (22/1/2016), sebuah studi yang diterbitkan ke dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan, mengikuti terapi semacam ini sebanyak lima sesi dalam seminggu membantu mengurangi kadar gula darah. Daripada melakukan seorang diri di rumah, lebih baik belajar langsung dari para profesional. Atau Anda dapat merekam suara sendiri, katakan apa yang ingin Anda lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini