Sukses

14 Cara Menurunkan Berat Badan Bagi si Sibuk (1)

Meski sibuk, masih ada banyak cara untuk menurunkan berat bada.

Liputan6.com, New York- Memilih dan memasak makanan sehat, menjadikan buah sebagai camilan, rutin berolahraga dan sederet cara menurunkan berat badan lainnya bagi sebagian orang sibuk dirasa tak mudah untuk dilakukan. Memang benar, bila ingin menurunkan berat badan diperlukan komitmen dalam menjalankannya.

Namun bukan berarti Anda yang sibuk tak bisa mencuri-curi waktu melakukan hal-hal yang bisa menurunkan berat badan sembari beraktivitas. Berikut hal-hal sederhana yang mampu membuat berat badan turun seperti dikutip laman Health, Kamis (21/1/2016).

1. Menurunkan berat badan untuk kesehatan
Setiap langkah kecil yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan sangat berarti. "Orang sering berpikir harus menghabiskan waktu satu jam di gym dan diet. Lalu ketika tak berhasil mencapai mereka menyerah dan tidak mencoba lagi," terang profesor Ilmu Kesehatan dan Olahraga Wake Forest University, Jeff Katula.

Lalu ada banyak orang yang berpikir ketika tidak berolahraga hari ini, sekalian saja saya tidak makan sehat. Menurut Jeff alangkah bijaknya berpikir menurunkan berat badan untuk sehat. Bukan sekadar berat badan turun saja.

2. Konsumsi makanan dalam porsi kecil
"Anda tidak perlu memasak makanan sendiri atau mengonsumsi makanan yang berbeda untuk menurunkan berat badan," terang Jeff.
"Yang diperlukan adalah makan lebih sedikit dibandingkan biasanya," tuturnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan lewatkan makan

3. Jangan lewatkan makan
Mungkin banyak yang mengatakan untuk tidak makan pada waktu-waktu tertentu. Namun Anda adalah orang sibuk sehingga butuh banyak kalori sepanjang hari seperti diterangkan asisten profesor klinis dari Loyola University Center, Amerika Serikat, Jessica Bartfield.

Menurut Jessica, ketika empat atau lima jam tubuh tidak diisi bahan bakar dapat memperlambat metabolisme, memengaruhi hormon dan insulin, serta membuat seseorang memilih makanan tak sehat ketika saatnya makan.

4. Hap hap hap... Ayo bergerak!
Idealnya menyisihkan waktu berolahraga 30-60 menit per hari ideal, namun bagi si Sibuk ini tentu sulit. "Namun, Anda bisa membakar kalori dalam aktivitas bukan olahraga, misalnya berjalan kaki ke kantor pada pagi, saat pergi makan siang, saat pulang masing-masing 10 menit," terang Jeff.

5. Jangan duduk ketika Anda bisa berdiri
Para pekerja zaman sekarang banyak menghabiskan waktu duduk di balik meja. Paling tidak sekitar 6 jam total duduk saat bekerja. Padahal terlalu banyak duduk berdampak buruk bagi kesehatan.

"Hal ini memang tak terlalu signifikan membantu menurunkan berat badan namun penting dalam menjaga berat badan," terang dokter Jessica.

6. Cukup tidur
Bagi orang yang memiliki aktivitas padat, tidur cukup adalah harta berharga. Dan jadikan setiap malam Anda berharga dengan cukup tidur. Kurang tidur membuat tubuh cenderung konsumsi makanan bergula dan berlemak yang mendatangkan malapetaka pada lingkar pinggang.

7. Bijak memilih aktivitas di akhir pekan
Akhir pekan pasti jadi hari yang dinanti banyak orang. Namun jika ingin menurunkan berat badan, jangan biarkan akhir pekan diisi dengan bangun siang, malas-malasan dan makan sesuka hati.

"Jika Anda mengubah perilaku jadi lebih sehat, hal ini lebih memungkinkan bagi Anda untuk mencapai berat badan yang diinginkan," tutur Jeff.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini