Sukses

Rasakan Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah

Inilah manfaat berjalan 10.000 langkah. Terhindar dari diabetes tipe 2 dan obesitas

Liputan6.com, Jakarta Mereka yang berisiko mengidap diabetes tipe 2, obesitas, atau mungkin berencana menurunkan berat badan, tidak perlu berpikir panjang memilih olahraga yang cocok. Dengan rutin berjalan kaki saja bisa membuat Anda bugar serta membantu terhindar dari kondisi tidak mengenakkan itu.

Dokter asal Inggris yang tengah menyusun program diet dan gaya hidup yang cocok bagi mereka yang berisiko diabetes tipe 2, Michael Mosley menjelaskan, berjalan adalah obat mujarab di kehidupan kita. Usahakan berjalan 10.000 langkah setiap hari. Ini adalah minimun yang disarankan supaya kita sehat dan menjaga berat badan tetap stabil.

"Kebanyakan dari kita, rata-rata (berjalan) sekitar 5.000 langkah per hari. Orang yang lebih tua dan kelebihan berat badan cenderung melakukannya lebih sedikit," kata Michael dikutip dari situs Daily Mail, Kamis (21/1/2016).

Jika memang tidak sanggup melangkah sebanyak itu, hanya 5.000 langkah per hari juga tidak masalah asal jumlahnya bertambah 500 langkah setiap hari selama seminggu.

Michael memberikan cara-cara mudah agar kita dapat melangkah sebanyak itu;

1. Bangun di pagi hari agar bisa pergi ke kantor menggunakan moda transportasi publik. Turunlah beberapa meter lebih jauh atau melewati kantor sedikit saja agar kaki bisa dipakai untuk jalan.
2. Mendengarkan musik membuat jalan kaki lebih menyenangkan.
3. Berjalanlah ke meja rekan kerja daripada mengirim email atau telepon. Begitu juga saat jam makan siang, hindari menyuruh OB, Anda sendirilah yang berjalan.
4. Berdirilah saat menerima telepon. Banyak penelitian menunjukkan, menerima telepon dalam posisi berdiri membuat pendengaran lebih jernih.
5. Lakukan kegiatan yang memerlukan lebih banyak gerakan, seperti berkebun dan menari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.