Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ini Bahayanya Menggunakan Pil Herbal dalam Miss V

Belakangan, mulai banyak beredar pil-pil herbal yang digaung-gaungkan bisa membersihkan dan merapatkan Miss V kembali.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan mulai banyak beredar pil-pil herbal yang digaung-gaungkan bisa membersihkan dan merapatkan Miss V kembali. Kebanyakan pil ini menjanjikan vagina akan menjadi segar dan wangi, jika Anda memasukkan pil ini ke dalamnya.

Pil ini, oleh para penjualnya, diklaim sebagai obat-obatan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping.

Kebanyakan penjualnya, terutama yang menggunakan sosial media, akan mencantumkan puluhan "testimoni" dari pelanggan yang sudah menggunakan, yang memuji-muji kehebatan pil-pil herbal tadi.

Tapi apa benar pil herbal ini tidak berbahaya?

Menanggapi fenomena ini, yang tak hanya terjadi di Indonesia, seorang dokter spesialis kandungan, Jen Gunter, dari Kaiser Permanente San Francisco Medical Center menulis di sebuah blog untuk memperingatkan para wanita bahayanya menggunakan pil herbal ini dalam vagina mereka.

"Rahim Anda tidak lelah atau depresi atau kotor dan vagina Anda tidak salah meletakkan chakra-nya," tulisnya. "Vagina Anda adalah oven yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Banyak produk-produk yang berasal dari tumbuhan dan ekstraknya bersifat mengganggu. Kandungan dalam produk ini juga sama sekali belum pernah diujicobakan untuk penggunaan di dalam vagina. Hanya Tuhan yang tahu apa saja yang terkandung dalam pil yang bisa merapatkan vagina itu, tapi kukira adalah sesuatu yang bisa membuat kering. Dan hal itu buruk (bagi vagina Anda)," tulisnya, dilansir laman Cosmopolitan, Rabu (20/1/2016). 

Kemungkinan terbaik, pil-pil ini sama sekali tidak memiliki efek apapun bagi daerah Miss V . Sedangkan kemungkinan terburuk, memasukkan benda asing ke dalam vagina dapat menyebabkan sindrom kematian mendadak. Menurut dr. Gunter hal ini karena pil-pil tadi memiliki kandungan yang akan memanen bakteri di dalam vagina selama berhari-hari.

Banyak wanita merasa perlu membersihkan vagina, karena takut daerah kewanitaan mereka itu jadi bau, kotor, atau tidak sehat. Namun, kondisi vagina pada normalnya tidaklah buruk.

Jika Anda khawatir memiliki masalah kesehatan di bawah sana--jamur, PMS, atau infeksi--konsultasikan hal ini kepada dokter, dan bukannya memasukkan benda-benda aneh yang belum jelas faedahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini