Sukses

Aktris Cantik Ini Berhasil Lewati Masa Depresi Usai Melahirkan

"Anda tidak sendirian alami ini. Jika ini terjadi pada Anda, bukan berarti ibu yang buruk"

Liputan6.com, New York- Perjuangan aktris cantik Hayden Panettiere melawan depresi usai melahirkan telah berakhir. Kini ia sudah bisa tersenyum bahagia usai melewati hari-hari berat semenjak melahirkan putrinya, Kaya, pada Desember 2014.

Sejak awal mengalami kondisi yang juga disebut pospartum depression ini, ia tak menutup-nutupi. Hadyen berharap keterbukaannya melawan depresi ini bisa menginspirasi wanita lain yang juga mengalami hal itu.

"Hal ini (keterbukaan) membuat hidupku jadi lebih baik. Aku dengan kisahku ini bisa membuat orang lain memahami pospartum depression. Karena aku sebelumnya sama sekali tak memahami hal ini," tutur Hayden kepada E! News dikutip laman Mirror pada Rabu (20/1/2016). 

Hayden pun berharap wanita-wanita yang mengalami kondisi seperti ini tak lagi mendapat stigma buruk. Menurutnya, banyak orang yang berpikir postpartum depression itu tidak nyata, hanya karena pikiran saja.

"Aku mendukung para wanita yang sedang berjuang melawan kondisi ini. Yakinlah bahwa Anda baik-baik saja, dan Anda tidak sendirian," ujarnya.

"Mengalami postpartum depression bukan berarti Anda lemah dan bukan berarti ibu yang buruk," pungkas Hayden lagi.

Postpartum depression biasanya ditandai dengan keinginan menyakiti buah hati. Ada juga perasaan sedih, sering menangis, gelisah, mudah marah atau cemas, hilang minat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, kurang motivasi dalam hidup, sulit tidur, merasa tidak berharga, putus asa, bersalah, yang terjadi usai melahirkan. 

Postpartum depression memengaruhi sekitar 80 persen dari semua ibu baru setelah beberapa minggu pascamelahirkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.