Sukses

5 Tips Mengubah Waktu di Jalan Jadi `Me Time`

Rata-rata orang di Jakarta berkendara lebih dari dua jam setiap hari menuju dan kembali dari tempat kerja

Liputan6.com, Jakarta Rata-rata orang di Jakarta berkendara lebih dari dua jam setiap hari menuju dan kembali dari tempat kerja. Hal ini disebabkan banyak orang memilih untuk tinggal di pinggir kota, yang membuat mereka harus menjadi commuter setiap harinya.

Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup commuter ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Orang yang berkendara (baik menggunakan mobil, motor, kereta) lebih dari 90 menit sehari berisiko tinggi mengalami nyeri pada leher dan punggung. Selain itu, para commuter tadi juga rentan stres dan tekanan darah tinggi.

Belum lagi, menghabiskan waktu di jalan artinya Anda membuang waktu tidak bersama orang tersayang, berolahraga, atau aktivitas lainnya yang akan membuat Anda sehat dan bahagia.

Cara terbaik untuk memperbaiki hal ini tentunya adalah mempersingkat waktu berkendara Anda. Caranya bisa dengan memilih tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantor, atau memilih kantor yang lebih dekat dengan tempat tinggal. Namun lagi-lagi, kedua hal tadi bukanlah sesuatu yang mudah.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan Anda? Kami memiliki daftar hal yang bisa dilakukan untuk mengubah waktu berkendara Anda menjadi "me time" yang berkualitas.

Di lansir dari Huffington Post, Rabu (20/01/2016), inilah hal-hal yang bisa Anda lakukan:

1. Audiobooks

Jika Anda harus menyetir, tentunya tak mungkin bisa membaca buku. Namun, teknologi saat ini memungkin Anda untuk "mendengarkan" buku melalui format Audiobooks.

Buku-buku audio ini bisa Anda unduh dari internet, atau berlangganan pada situs khusus yang menyediakan ribuan audiobooks.

Hal ini akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih tidak membosankan, dan disaat yang sama juga mengusir stres.

2. Playlist musik

Mendengarkan radio di kendaraan sudah dilakukan orang sejak tahun 1930-an. Tapi sekarang, ada begitu banyak aplikasi yang bisa Anda pilih untuk mendengarkan musik. Anda bahkan bisa menyusun daftar lagu favorit.

Mendengarkan musik akan membuat Anda merasa lebih santai. Lagu kesayangan juga bisa meningkatkan mood, dan membuat hari Anda jadi lebih menyenangkan.

3. Meditasi atau latihan pernapasan

Tidak semua bentuk meditasi harus dilakukan dengan mata tertutup. Tapi, jika orang lain yang menyetir kendaraan, Anda bebas untuk menutup mata sejenak dan mengistirahatkan pikiran.

Sekarang, Anda juga bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang bisa membantu bermeditasi ke dalam ponsel pintar Anda. Aplikasi ini sempurna saat Anda mengalami hari buruk, akan melakukan rapat atau pertemuan penting, atau sekadar ini menenangkan diri setelah hari yang panjang dan melelahkan.

4. Jurnal

Menulis jurnal sudah sejak lama digunakan untuk mengendalikan depresi, mengurangi stres, dan membantu Anda mencapai target.

Jika Anda termasuk dalam kelompok orang-orang beruntung yang tidak merasa mual saat harus menulis atau membaca di atas kendaraan, menulis jurnal bisa menjadi pilihan sempurna bagi Anda. Tuliskan keinginan dan target Anda untuk hari itu saat berada dalam perjalanan menuju kantor. Dan sebaliknya, uraikan tentang apa saja yang terjadi pada hari itu dalam jurnal Anda di perjalanan pulang.

5. Tidur

Tidur adalah bentuk istirahat yang sempurna, apalagi jika perjalanan Anda lebih dari setengah jam. Agar tidak melewatkan tempat turun Anda, aturlah alarm yang sesuai dengan lama perjalanan.

Tidur akan mengembalikan energi, meningkatkan vitalitas, dan membuat Anda kembali segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini