Sukses

Ini Alasan Perlu Kenakan Alas Kaki di Kamar Mandi

Ternyata menggunakan alas kaki di kamar mandi bermanfaat untuk kesehatan kaki

Liputan6.com, Jakarta Saat terburu-buru sebagian besar orang lupa mengenakan alas kaki di kamar mandi. Mungkin jika berada di kamar mandi rumah sendiri tidak berisiko tinggi untuk kesehatan kaki. Namun jika tak menggunakan alas kaki di kamar mandi umum, risiko buruk akan menghampiri kaki Anda.

Satu kasus yang sering terjadi ketika seseorang berada di kamar mandi sebuah tempat gym yang tidak terjamin kebersihannya, dan memaksakan kaki berjinjit untuk menghindari genangan air malah menimbulkan masalah kulit di telapak kaki.

Lingkungan basah juga lembab mempermudah kulit kaki cepat mengerut sehingga mudah lecet. Ditambah lantai basah tersebut sudah diinjak banyak orang, sehingga memudahkan bakteri hidup di area tersebut.

"Kuku pada kaki juga telapak kaki yang mungkin terlihat bersih masih memungkinkan adanya bakteri yang tumbuh di dalamnya yang berakibat pada kondisi infeksi, bahkan memerlukan tindakan medis untuk menyelamatkannya", ujar Meredith Ward, DPM, dari Saint Francis Hospital di Hartford, dikutip dari Prevention, Rabu (20/01/2016).

Untuk menghindari keadaan tersebut gunakan alas kaki, seperti sandal bahkan kaus kaki jika hendak menginjakkan kaki di kamar mandi umum, maupun kamar mandi di rumah sendiri.

Beberapa tempat kebugaran bahkan mengajurkan para pengunjungnya untuk mengenakan kaus kaki ke kamar mandi, atau berdiri di atas handuk hingga membungkus kaki mereka dalam kantong plastik untuk menghindari bakteri yang hidup di lantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.