Sukses

Cara Mengolah Kacang agar Tetap Sehat Dikonsumsi

Agar bisa mendapatkan semua manfaatnya, pastikan Anda mengolah kacang-kacangan dengan cara yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cara terbaik mengonsumsi kacang adalah memakannya mentah atau dipanggang. Namun, kacang yang dipanggang pun bisa jadi tetap saja kehilangan beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya. Satu hal yang perlu Anda ingat, hindari atau setidaknya kurangi memakan kacang yang diproses menggunakan minyak.

Jadi, tak peduli betapa pun enaknya kacang goreng, banyak manfaat kacang yang sudah hilang dalam prosesnya. 

Judy Caplan, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat mengatakan, kacang adalah makanan yang tepat bagi Anda yang sedang berdiet namun banyak mengonsumsi buah dan jus. Kacang dapat membantu memperlambat proses pencernaan dan pemecahan gula di dalam tubuh, sehingga Anda tetap dapat mempertahankan diet. Kacang juga dapat membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. 

Jika ingin memanggang sendiri kacang-kacangan Anda, pangganglah secara kering, tanpa campuran minyak, dan jangan memanggangnya terlalu lama. Kurangi juga penggunaan terlalu banyak garam, karena dapat merusak diet Anda. Hal yang sama berlaku juga jika ingin membalur kacang-kacangan Anda dengan gula.

Selai kacang, walaupun terasa manis dan creamy sebenarnya bisa ditambahkan pada diet Anda. Cukup oleskan selai kacang pilihan pada buah-buahan seperti apel dan pir. Anda akan segera mendapatkan santapan yang lezat dan kaya manfaat.

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mencincang kasar kacang pilihan Anda, lalu menaburkannya di atas salad. Almond dan mede bisa menjadi pilihan taburan terbaik yang bisa Anda coba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.