Sukses

3 Penyebab Tercemarnya Makanan

Sehubungan dengan berita tentang merkuri pada minuman, maka saya sampaikan bahwa pada dasarnya ada 3 kemungkinan penyebab pencemaran makanan

Liputan6.com, Jakarta Sehubungan dengan berita tentang merkuri pada minuman, maka saya sampaikan bahwa pada dasarnya ada 3 kemungkinan penyebab pencemaran pada makanan dan minuman, yaitu :

1. Logam berat, seperti lead, cadmium dan mercury . Gangguan utama terjadi pada sistem saraf pusat dan ginjal, walupun bisa juga sistem tubuh lain.

2. Toksin alamiah, seperti mycotoxins, aflatoxin , ochratoxin, marine biotoxins dan cyanogenic glycosides. Keracunan jangka panjang dapat merusak sistem imun atau sistem kekebalan tubuh, sistem perkembangan tubuh dan pada keadaan tertentu mungkin berhubungan dengan terjadinya kanker.

3. Persistent organic pollutants (POPs), yaitu bahan yang terakumulasi di lingkungan dan dapat masuk tubuh manusia. Contohnya adalah dioxins dan polychlorinated biphenyls (PCBs), yang mungkin ditemukan di lingkungan dan masuk dalam rantai makanan binatang. Dioxins sangat toksis dan dapat menyebabkan gangguan system reproduksi dan tumbuh kembang, gangguan system imun, berdampak pada hormone dan mungkin pula berperan dalam terjadinya kanker.

Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), DTM&H, MARS, DTCE

Mantan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.