Sukses

Peserta PBI Cukup Scan Mata Atau Jari Untuk Berobat

Menko PMK Puan Maharani melakuan pengecekan distribusi Kartu Indonesia Sehat di Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Menko PMK Puan Maharani melakukan pengecekan distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan pengecekan di tempat (Spot Check) di
tengah-tengah warga Bandung, Jawa Barat.

Menurut Puan, Spot Check dilakukan guna memastikan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan memiliki data yang sesuai dengan yang terdaftar di Kementerian Sosial.

"Apakah disini telah menerima KIS? Sekarang, kita bisa menggunakan jari atau mata ke tempat berobat. Begitupun dengan NIK atau KTP, bisa langsung dideteksi," katanya pada ratusan warga di Kantor Desa Batujajar Timur, Bandung Barat.

Puan menuturkan, sistem spot check ini sangat membantu dalam penyesuaian data peserta. Dan peserta pun tak perlu lama mengantre
karena spot check dilakukan tak lebih dari 53 detik. "Percobaan pertama 33 detik terdeteksi. Dan menggunakan sidik jari 53 detik.
Seharusnya memang tak boleh lebih dari satu menit," katanya pada dua orang warga yang mencoba spot check tersebut.

Di kesempatan yang sama, Puan juga menyempatkan menghimbau semua warga untuk selalu menjaga kesehatan dan membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat. "Dengan membiasakan hidup sehat dan bersih, bantuan negara untuk kesehatan bisa berkurang karena masyarakat bisa mandiri. Manfaatkan KIS, kartu keluarga sejahtera dan Kartu Indonesia Pintar seefektif mungkin," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini