Sukses

Mencuci Daging dan Ayam Mentah Ternyata Berbahaya

Bakteri yang ada dalam daging dan ayam mentah saat dicuci bisa berbahaya bagi kesehatan.

Liputan6.com, Kebiasaan kita sebelum memasak daging atau ayam mentah beku dari dalam kulkas ialah merendamnya dengan air agar es yang melapisi mencair dan daging mudah dipotong. Daging mentah lalu dicuci dengan air agar bersih. Sebenarnya kebiasaan tersebut sangat salah dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Tidak baik dan berbahaya, kok bisa?

Tampak sepele dan belum semua orang paham atau tahu kalau ternyata kebiasaan mencuci daging dan ayam mentah dapat menyebabkan penyakit. Penyakit tersebut bisa datang menghampiri jika kita terus melakukan kebiasaan mencuci daging atau ayam sebelum dimasak. Studi terbaru mengatakan bakteri jahat di dalamnya mampu menyebar ke peralatan dapur dan makan juga pakaian kita.

Bakteri yang ada dalam daging dan ayam mentah saat dicuci bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jennifer Quinlan dari Departemen Pertanian AS juga membenarkan jika mencuci unggas mentah bisa sangat berbahaya karena meningkatkan penyebaran bakteri di dapur.

"Mencuci unggas tidak akan menyingkirkan bakteri di dalamnya, justru ada kemungkinan bahwa bakteri akan tersebar atau disebut juga aerosolisasi (red. Aerosolisasi terjadi ketika virus ada di udara, hal ini membuat virus mudah terhirup manusia)," kata Quinlan dalam sebuah video yang didapat dari laman Foxnews.

Jadi, bagaimana cara baik mengolah daging dan ayam mentah yang baik bagi kesehatan?

Daging memiliki protein yang tinggi dan kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6 yang sangat baik untuk tubuh kita. Nah, tentu kita tidak ingin nutrisi baik itu hilang begitu saja bahkan tidak sehat untuk kesehatan bukan?

Mulai dari sekarang berhenti melakukan kebiasaan mencuci daging atau ayam mentah dengan air. Sebagai gantinya, coba lakukan 3 langkah mudah di bawah berikut ini:

1. Cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan setelah menyentuh daging atau ayam mentah dan peralatan masak. Pakai handuk bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran.

2. Pisahkan peralatan dan buat peralatan masing-masing yang berbeda, mana yang untuk mengelola daging mentah dan mana yang digunakan untuk sayuran dan buah-buahan, supaya bakteri tidak ikut tersebar ke makanan lainnya.

3. Cukup rebus ayam atau daging selama sepuluh menit, kemudian buang air rebusan dan rebus lagi bahan dengan air yang baru.

Upaya untuk terus sehat dan terhindar dari berbagai penyakit itu bukankah harus dimulai dan diterapkan dari kebiasaan di rumah?*

Powered by :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.