Sukses

Keuntungan Menyantap Makanan Mentah

Menyantap makanan yang mentah dan segar ternyata memberi efek positif bagi tubuh pada usia berapa pun.

Liputan6.com, Jakarta Kita rasanya sudah biasa menyantap makanan yang harus dimasak terlebih dahulu. Termasuk juga sayur-sayuran yang seharusnya tidak perlu dimasak terlalu lama, atau tak perlu dimasak sama sekali. Sebelum dimakan, sayur-sayuran cukup dicuci bersih, kukus sebentar atau tidak sama sekali, lalu dimakan.

Ahli diet dan konsultan kesehatan dari Mumbai, India, Dr Bettle P.S. menjelaskan, menyantap produk segar dan mentah membuat tubuh berseri di hampir sepanjang usia. Individu yang memasuki usia 35 ke atas dianjurkan mulai memasukan beberapa makanan mentah setiap kali makan.

"Bisa dalam bentuk kecambah, salad, atau buah-buahan," kata Bettle. Dia pernah melakukan sebuah penelitian, dan terbukti bahwa makanan mentah melindungi tubuh kita dari kanker, penyakit jantung, penuaan dini, dan penyakit degeneratif kronis lainnya.

Namun beberapa makanan seperti kedelai, kacang merah, atau gandum wajib dimasak, tapi tidak boleh berlebihan. Menurut Bettle, kedelai mentah mengandung zat yang menghambat tripsin, enzim penting yang diperlukan untuk mencerna protein.

"Phytohemagglutinin (PHA) adalah senyawa yang ditemukan di dalam banyak biji mentah, tapi jumlahnya sangat besar ada di kacang merah mentah," Kata dia dikutip dari situs Times of India, Jumat (15/1/2016)

Zat-zat kimia ini dapat membuat kita sakit jika tertelan sekali pun jumlahnya sedikit, sehngga menyebabkan mual dan muntah sebelum mendorong terjadinya diare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.