Sukses

Jangan Beri Madu Saat Anak Batuk Bila Usianya di Bawah 6 Tahun

Pada anak, aturan ini berbeda sekalipun resep herbal ini telah temurun diberikan.

Liputan6.com, Jakarta Resep madu dan lemon mungkin populer untuk meredakan batuk. Namun, pengobatan ini belum tentu cocok untuk anak-anak sekali pun resep herbal ini telah berlangsung turun-temurun.

Direktur Medis dari Pediatric Care Center at Children's Mercy Hospitals and Clinics di Kansas City, Kenneth Wible, MD mengatakan, aturan ini sebenarnya telah ditetapkan lama oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA). Pada 2008, mereka mengeluarkan peringatan anak-anak di bawah 2-6 tahun tidak boleh mengonsumsi obat batuk, termasuk herbal karena efek samping yang serius dan mengancam jiwa. 

Baca Juga

"Lemon, madu merupakan cara yang bagus untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Madu dapat membantu memecah lendir dan lemon melakukan hal yang sama ditambah vitamin C. Namun pada anak, hal ini sangat sensitif," katanya, seperti dikutip Today, Jumat (15/1/2016).

Lantas bagaimana mengatasi batuk anak yang tak kunjung reda? Wible mengatakan, berikan air putih dan  sirup mapel. Flu biasanya disebabkan oleh virus yang akan mati setelah lima hingga tujuh hari sehingga penggunaan obat dapat dikurangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini