Sukses

Jangan Anggap Remeh Daun Pandan

Liputan6.com, Jakarta Daun pandan sangat populer sebagai bahan masakan berbagai jenis pangan di Asia Tenggara dengan wangi yang khas. Bukan hanya itu, ternyata daun pandan memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Dikutip dari Health DigeztKamis (14/01/2016), tumbuhan yang mudah perawatannya ini paling sering diolah dengan cara direbus bersama dengan makanan utama.  Berikut ini adalah manfaat kesehatan daun pandan:

Melawan konstipasi
Cobalah untuk meminum teh atau jus yang dibuat dari daun pandan pada siang dan malam hari untuk menghentikan konstipasi.

Menghentikan kram daerah perut
Secara tradisional, teh ataupun jus daun pandan dimakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Satu sajian penuh dapat mengatasi kram ataupun kejang daerah perut. Bisa juga dipakai sebagai minuman setelah menelan makanan yang membuat kembung.

Meningkatkan selera makan
Orang kerap kehilangan selera makan ketika sedang menderita sakit. Padahal, makanan yang bergizi membantu pemulihan. Secangkir teh atau jus daun pandan dapat menambah selera makan.

Penambah tenaga
Selain menggugah selera makan, pandan dapat juga menambah tenaga yang sangat diperlukan untuk pulih dari penyakit. Pandan juga bermanfaat bagi wanita yang baru saja melahirkan guna pemulihan tenaga sesegera mungkin.

Penurun demam
Tabib di Asia Tenggara kerap menganjurkan minum teh atau jus daun pandan pada orang yang sedang demam. Pandan diketahui dapat menurunkan suhu tubuh dan juga melegakan sakit dada yang disebabkan oleh batuk.

Peturasan racun tubuh
Minuman teh atau jus daun pandan menguras kotoran yang menumpuk dalam tubuh kita, sekaligus berdayaguna menetralkan zat beracun. Minuman itu juga menekan kanker karena pandan diketahui menghambat aksi karsinogen yang merupakan zat pemicu pembentukan sel kanker.

Pemusnah ketombe
Membilas rambut dan kulit kepala menggunakan teh atau jus daun pandan merupakan hal yang baik bagi penderita ketombe. Bahkan ditengarai dapat mengurangi kerontokan rambut.

Melegakan rematik
Daun pandan bisa mengurangi rasa sakit jika ditempelkan pada otot dan persendian yang meradang karena rematik. Untuk hasil terbaik, oleskan minyak kelapa pada daun pandan sebelum ditempelkan pada tempat yang sakit.

Penyegar nafas
Karena wanginya, mengunyah daun pandan dapat segera membantu mengurangi bau nafas. Khasiat lainnya adalah mengurangi bengkak dan pendarahan gusi.