Sukses

Benarkah Popcorn Picu Penyakit Paru-paru?

Para ahli kesehatan telah memperingatkan akan bahaya makanan ini, salah satunya dapat memicu kanker paru-paru. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Tanpa popcorn sebagai kudapan saat menonton film, rasanya kurang lengkap. Namun para ahli kesehatan telah memperingatkan akan bahaya makanan ini, salah satunya dapat memicu radang paru-paru. Benarkah? 

Dalam jurnal Environmental Health Perspectives, para peneliti menemukan, 75 persen dari rasa rokok elektronik berisi diacetyl, bahan kimia yang dapat memicu kanker paru. Masalahnya, bahan kimia ini juga ditemukan pada proses pembuatan popcorn. Badan Kesehatan Amerika (FDA) telah memperbolehkan penggunaan Diacetyl pada pembuatan makanan. Namun, diacetyl ini tidak aman apabila dihirup.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang bermasalah dalam popcorn terletak pada diacetyl yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru sehingga penderita obliterans bronchiolitis akan mengalami sesak napas parah dan batuk kering, seperti yang ditulis laman Prevention, Kamis (14/1/2016).

Ahli paru-paru Prof Cecile Rose, MD juga membenarkan pernyataan ini. Menurutnya, menghirup asap dalam pembuatan popcorn yang dicampur mentega itu mengandung diacetyl sehingga membahayakan paru-paru.

"Tidak ada banyak data ilmiah yang dapat memberitahu kita cara paling aman untuk mempersiapkan dan mengonsumsi popcorn microwave, tapi cobalah untuk menghindari menghirup uap panas ketika pertama kali membuka popcorn. Supaya aman," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.