Sukses

Hal Berikut Picu Alzheimer

Pikiran negatif dan depresi dipercaya bisa memicu depresi.

Liputan6.com, New York- Alzheimer adalah penyakit progresif, yang disebebkan oleh rusaknya struktur kimia otak dari waktu ke waktu. Penyakit ini menyebabkan kemampuan seseorang untuk mengingat, memahami, berkomunikasi dan berpikir secara bertahap pun menurun.

Para peneliti pun masih menyelidiki apa pemicu penyakit ini hadir. Namun ada beberapa hal yang dipercaya memainkan peran penting memicu Alzheimer. Selengakapnya seperti dikutip laman Prevention, Minggu (17/1/2016).

1. Pikiran negatif

Pikiran Anda memainkan peran penting terciptanya Alzheimer seperti diungkapkan peneliti dari Harvard. Percaya terhadap sesuatu hal yang negatif, pikiran negatif membuat perubahan di otak sehingga terkait dengan munculnya Alzheimer.

"Kami percaya percaya terhadap hal-hal negatif bisa sebabkan perubahan patologis pada tubuh," terang profesor kesehatan masyrarakat dan psikolog di Yale School of Public Health, Becca Levy.

2. Depresi

Tak dapat disangkal bahwa pikiran dan tubuh terhubung. Sebuah studi yang diterbitkan Neurology menemukan terjadinya peneingkatan risiko terkena Alzheimer 40 persen setiap kali terjadi kenaikan level depresi 10 poin.

Selain itu, studi lain ungkap orang yang depresi, risiko terkena antara kepikunan dan Alzheimer sekitar 1,5 kali dibandingkan orang dewasa yang tidak alami depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit Alzheimer/ pikun merupakan suatu kondisi dimana sebagian sel- sel di otak sudah tidak berfungsi.

    Alzheimer

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

    Depresi