Sukses

Arti "Ngidam" Sesungguhnya

Liputan6.com, Inggris: Pernahkah Anda merasa sangat ingin makan sesuatu? Seperti makanan yang manis-manis, berminyak, pedas, atau bahkan yang renyah. Ternyata, "mengidam" makanan seperti ini adalah cara tubuh memberitahu Anda mengenai kebutuhan vitamin atau mineral apa yang perlu ditambah. Berikut beberapa informasi kesehatan mengenai keinginan makan tersebut, seperti dikutip The Times of India, Senin (17/8). Informasi ini berasal dari artikel ahli ilmu gizi British Naturopathic Association Joanna Hall dan Nadine Masseron, berikut saran-sarannya:

1. Keinginan makan hamburger, keripik, atau makanan cepat saji lainnya
Ini berarti tubuh Anda membutuhkan garam. Ketika kita bekerja keras, baik karena olah raga, stres, maupun bekerja di ruangan dengan air conditioner, tubuh kehilangan garam. Makanan cepat saji adalah cara instan untuk mendapatkan garam. Namun jika dikonsumsi lebih dari yang dibutuhkan, dapat berakibat pembuluh darah menyempit, sehingga tekanan darah akan meningkat. Solusi terbaik adalah mengganti makanan tersebut dengan sushi. Pasalnya, rumput laut dan ikan di menu sushi banyak mengandung sodium.

2. Keinginan makan makanan yang renyah dan roti
Ini berarti tubuh Anda menginginkan protein. Metabolisme tinggi membuat tubuh membakar makanan lebih cepat. Akibatnya, tubuh akan meminta karbohidrat untuk memulihkan kondisinya. Tapi setelah mengonsumsi karbohidrat, tak lama kemudian perut akan merasa lapar kembali. Sedangkan protein dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama lantaran proses pencernaannya sebentar. Solusi terbaik adalah dengan mengonsumsi daging, ikan, ayam, atau telur. Masukkan masing-masing dari makanan tersebut dengan porsi sebesar 50 persen dalam menu makan pagi, siang, atau malam Anda.

3. Keinginan makan cokelat
Ini berarti tubuh Anda menginginkan magnesium guna membantu sistem metabolisme tubuh menghasilkan tenaga. Ketika merasa lelah, cokelat akan tampak menggoda lantaran mengandung magnesium. Kendati demikian, gula yang juga terkandung pada cokelat nantinya akan membuat Anda merasa lesu. Jadi hindari cokelat dan ganti dengan kacang, biji-bijian, dan roti atau bubur gandum.

4. Keinginan minum minuman berkafein
Ini berarti tubuh Anda menginginkan zat besi. Pada saat menstruasi, wanita kehilangan cukup banyak zat besi. Jika tak segera diganti, ia akan merasa lelah. Pasalnya, zat besi membantu menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kopi bisa saja membantu Anda. Tapi tak lama kemudian, Anda akan merasa lelah kembali. Jadi, gantilah kopi Anda dengan brokoli mentah atau buah yang dikeringkan seperti aprikot dan kurma.(LUC)
    Artikel Selanjutnya
    Shireen Sungkar Siap Dipoligami Teuku Wisnu?
    Artikel Selanjutnya
    Syuting A: Aku, Benci & Cinta, Amanda Rawles: Seperti Liburan