Sukses

Jangan Biasakan Meletakkan Laptop di Pangkuan Anda

Memangku laptop di bagian kaki atau paha dapat mengakibatkan kulit menjadi terbakar, hingga risiko kanker kulit.

Liputan6.com, Jakarta Menempatkan laptop langsung di pangkuan kaki atau paha untuk waktu yang lama dapat membahayakan kodisi kulit.

Laptop memang diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya, sehingga kita tak perlu repot duduk berlama-lama di depan meja. Tapi bekerja selama berjam-jam dengan laptop yang bertengger di pangkuan Anda dapat mengakibatkan kulit berubah warna. Bahkan panas yang memancar dari mesin laptop dapat membuat kulit menjadi terbakar.

Dokter Swiss menyebutnya 'laptop-diinduksi dermatosis'. Dr Anuya Manerkar seorang dokter Cosmeto-dermatologis mendefinisikan "sebuah pigmentasi kulit yang kasar dihasilkan oleh kontak panas yang terlalu lama juga berlebihan sehingga mengakibatkan luka bakar", jelasnya pada Times of India, dikutip Jumat (08/01/2016).

"Orang-orang yang menghabiskan waktu lama untuk belajar, membaca, atau bermain game di laptop, dengan kondisi laptop yang bertumpu di bagian kaki atas (paha) dapat mengalami kebakaran kulit," tegas dokter kulit Dr Shreyas Kamath.

Efek yang akan terjadi pada keadaan kulit meninggalkan bintik-bintik, jelas Dr Manerkar.

Bahkan jika seseorang merasakan sakit secara berkepanjangan dan tidak pulih dengan sendirinya, maka dengan melakukan teknik biopsi, akan membuat kulit memulih hingga terhindar dari risiko kanker kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini