Sukses

Punya Banyak Teman, Kesehatan Jadi Lebih Baik

Memiliki hubungan sosial yang kuat mampu kurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

Liputan6.com, New York- Tak hanya Anda memiliki orang untuk berbagi suka dan duka, kehadiran sahabat dan keluarga berperan penting meningkatkan kualitas kesehatan hidup Anda. Studi terbaru ungkap seseorang yang kurang memiliki hubungan sosial berdampak negatif pada kesehatan.

Orangtua berusia 57-91 yang jarang berinteraksi sosial, berisiko alami tekanan darah tinggi dibandingkan yang merasa tidak terisolasi. Risiko terkena darah tinggi capai 142 persen seperti diungkap dalam Jurnal PNAS.

Sementara itu, remaja dan orang dewasa muda yang merasa dirinya terisolasi sosial berisiko tingkatkan peradangan (inflamasi) hingga 21 persen dibandingkan yang tidak merasa terisolasi seperti dikutip laman Live Science, Rabu (6/1/2015).

"Hasil penelitian ini sangat penting untuk mendorong orang untuk membangun hubungan sosial yang luas baik dalam keluarga dan teman, serta meningkatkan keterampilan sosial seperti berinteraksi dengan orang lain," terang penulis studi yang juga profesor sosiologi dari University of North Carolina, Amerika Serikat, Yang Claire Yang.

Sehingga jangan hanya pertimbangkan asupan nutrisi dan aktivitas fisik untuk jaga kesehatan Anda, pastikan juga Anda memiliki waktu untuk dihabiskan bersama sahabat dan keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini