Sukses

6 Cara Berhenti Santap Makanan Manis Selama 2 Minggu

Makanan dan minuman terlalu manis berbahaya untuk tubuh kita. Inilah cara yang dapat dilakukan supaya berhenti dari kebiasaan buruk itu

Liputan6.com, Jakarta Kecanduan makanan dan minuman manis tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Di masa kanak-kanak, kita memang membutuhkan asupan gula, itu pun tidak boleh banyak-banyak. Apalagi ketika dewasa, sudah saatnya kita menghentikan kebiasaan buruk itu.

Terlalu banyak gula di dalam tubuh menekan pankreas untuk bekerja lebih keras. Akhirnya menyebabkan diabetes dan penyakit jantung, selain obesitas tentunya. Maka itu, buatlah resolusi di tahun 2016 ini untuk berhenti mengonsumsi gula.

Di bawah ini terdapat cara-cara menghentikan kebiasaan mengonsumsi gula dalam dua minggu seperti dikutip dari situs Boldsky, Rabu (6/1/2015)

1. Perhatikan label

Hal sederhana yang harus Anda lakukan adalah perhatikan label makanan. Cek berapa kadar gula yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut. Jika kandungan gulanya relatif tinggi, lebih baik tidak usah.

2. Pengganti

Jika biasanya camilan Anda adalah makanan-makanan manis, mulai sekarang gantilah dengan kudapan minim gula, atau lebih baik lagi, buah-buahan.

3. Tekad

Percuma niat berhenti mengonsumsi gula kalau tidak diimbangi dengan tekad.

4. Buang makanan di lemari es

Jika Anda benar-benar ingin melakukannya, buanglah makanan dan minuman manis yang tersisa di dalam lemari es Anda. Jangan pernah berbuat curang sehari pun karena akan membuat Anda keterusan.

5. Ganti makanan manis dengan makanan ini

Makanan yang aman yang paling umum dan mudah tersedia adalah almond, kacang hijau, sawi polos, buah zaitun, brokoli, seledri, kacang mete,

6. Cari teman

Jika Anda ingin menyerah gula mudah maka salah satu tips yang paling efektif untuk berhenti gula adalah untuk memiliki teman, kerabat, teman online atau seorang rekan yang juga memiliki tujuan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini