Sukses

3 Tanda Waktunya Mengubah Aktivitas Pagi Anda

Bangun pagi dengan perasaan menyenangkan membutuhkan disiplin dan adaptasi diri untuk membiasakannya.

Liputan6.com, Jakarta Bangun pagi dengan perasaan menyenangkan membutuhkan disiplin dan adaptasi diri untuk membiasakannya. Bangun lebih awal dipagi hari tidaklah mudah, dan karena itulah hal itu menjadi sesuatu yang indah jika Anda bisa merasa bahagia pada pagi hari Anda.

Jika Anda merasa Anda bukanlah orang yang bersemangat untuk bangun dipagi hari, mungkin Anda harus mempertimbangkan tanda-tanda ini, dan membuat perubahan pada ruitinitas pagi Anda, seperti dilansir dari laman Huffington Post, Senin, 04/01/2016.

1. Anda selalu tergesa-gesa 

Anda selalu terlambat setiap hari, dan sepertinya tidak pernah ada waktu yang cukup untuk melaksanakan apa yang sudah Anda rencanakan. Cobalah untuk mengatasi hal tersebut dengan bangun lebih awal, jika tidak bisa bangun 15 menit lebih awal, cobalah untuk 5 menit lebih awal.

Atur kembali kegiatan pagi Anda agar bisa berjalan lebih efisien, hilangkan kebiasaan tidak berguna, atau ubahlah pekerjaan yang kurang penting. Siapkan segala sesuatunya dimalam sebelumnya. Pilihlah apa yang akan Anda kenakan esok hari, siapkan sarapan Anda agar pada pagi hari bisa langsung Anda buat, dan rencanakan apa yang perlu Anda bawa keesokan harinya. Hal ini bisa mempermudah pagi hari Anda.

2. Anda terlalu lelah

Anda sepertinya tidak mampu bergerak dipagi hari untuk melakukan apapun, yang pada akhirnya rutinitas pagi Anda hanyalah kegiatan minimal saja seperti mandi, sikat gigi, berpakaian, merapikan rambut, lalu pergi. Mungkin Anda memang bukan seorang ‘morning person’ atau waktu tidur Anda tidak pernah cukup. Atau mungkin Anda orang yang sebelumnya baik-baik saja ketika pagi hari, namun Anda merasa terlalu letih belakangan ini. Cobalah untuk mendapatkan waktu tidur berkualitas.

Carilah informasi mengenai apakah Anda mempunyai kebiasaan tidur yang baik. Namun jika tidur Anda bukan masalahnya, cobalah hal-hal seperti minum air putih untuk mendapatkan dorongan energi yang baru, mandi pagi, sarapan bernutrisi dan membuka jendela dan lainnya agar sinar matahari masuk kedalam rumah Anda.

Melakukan sedikit akitvitas fisik selama lima menit atau lebih bisa mendorong mood Anda dan memperbaiki fokus. Akan sangat baik jika Anda bisa melakukan olahraga penuh dipagi hari. Namun jika waktu menjadi kendalanya cobalah untuk melakukan aktivitas yang tidak memakan waktu yang lama seperti push up, sit-up, dan lainnya.

Mengalami kelelahan yang tidak biasa bisa menjadi gejala mengenai masalah kesehatan Anda. Perikasakan diri Anda ke dokter jika diperlukan.

3. Penuh dengan stress

Pagi hari bisa menjadi lebih menakutkan jika Anda dihadapkan dengan tugas-tugas dan situasi yang membuat Anda stress atau bahkan lebih. Menghadapi berbagai tantangan bisa membuat Anda sangat stress. Stress dan ketegangan bisa sangat mengganggu pagi Anda.

Untuk itu, jangan langsung mengecek telepon, surel, pesan, atau akun sosial media Anda sebelum bangun dari tempat tidur Anda. Jika pesan-pesan dan informasi terbaru dapat menunggu ketika Anda tidur, maka hal itu juga dapat menunggu 15 hingga 30 menit lagi untuk Anda menikmati pagi Anda dengan tenang.

Fokuslah dengan apa yang menjadi tujuan Anda. Tantangan-tantangan tersebut tentunya tidak semuanya berakibat buruk untuk Anda. Dengarkanlah musik selagi Anda bersiap. Musik melembutkan pikiran serta menurunkan stress, mengurangi ketegangan pada otot, dan hal terbaiknya adalah mendengarkan musik tidak memerlukan waktu tersendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.