Sukses

Mind and Soul: Cara Tetap Gaul dan Punya Teman yang Positif

Liputan6.com, Jakarta Semua orangtua ingin anaknya mendapat pergaulan yang baik dan positif. Dalam hal ini anak dituntut supaya dapat bertanggungjawab, memilih teman dan pergaulan yang benar. Anak harus meyakinkan orangtua bahwa mereka tidak salah jalan. Ingat, untuk dianggap gaul tidak harus melakukan hal-hal yang melanggar norma dan negatif. 

"Cara membuat orangtua kita tenang dan tentu tetap membuat kita gaul adalah dengan mencari jenis pergaulan yang baik," kata Bunda Arsaningsih dalam Mind and Soul Liputan6.com pada Jumat (1/1/2016).

Hukum di alam ini, kata dia, ketika hendak menjadi orang yang baik maka harus memilih perkumpulan yang baik pula. "Pilih pergaulan yang baik. Kita tidak harus menjadi orang yang sok jaim, kelihatannya alim tapi ternyata kita terperosok ke dalam pergaulan yang tidak baik atau pencitraan saja," kata Arsaningsih menambahkan.

Tentukan apa yang ingin didapatkan. Arahkan ke hal-hal yang positif. Bergaullah dengan orang-orang yang positif karena energi ini meradiasi atau menular.

"Jika kita bergaul dengan orang yang negatif, meski kita tidak melakukan hal yang buruk, secara perlahan ini akan masuk ke dalam diri kita dan mengubah diri kita," kata Arsaningsih.

Maka, kita perlu selektif mencari teman. Pilihlah teman-teman yang positif. Kita akan mendapat imbas yang positif dari pergaulan yang positif. Misal mendapat teman yang sukses dan beken, tentu kita akan tertular sukses dan beken.