Sukses

Jangan Anggap Enteng Rasa Nyeri pada Tulang Rusuk

Nyeri pada tulang yang datang dan pergi harus diperhatikan semaksimal mungkin karena dapat menyebabkan pneumonia.

Liputan6.com, Jakarta Saat mengalami cedera tulang rusuk biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Obat penghilang rasa sakit mungkin memang dapat menghilangkan rasa sakit yang dirasakan, namun sayangnya terlalu sering mengkonsumsi obat dapat memberikan efek samping yang akan terjadi di kemudian hari.

Untuk menghilangkan rasa nyeri pada tulang rusuk, jangan langsung mengonsumsi obat, namun biasakan untuk bernapas dengan baik atau sesering mungkin menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya.

Saat cedera tulang rusuk menyerang kemungkinan badan menjadi tidak enak atau saat bernapas lebih terengah-engah dari biasanya, jika tahap ini sudah melanda Anda segera cari penanganan medis sesegera mungkin.

Nyeri yang datang secara tiba-tiba biasanya disebabkan oleh rokok atau orang-orang yang rentan terhadap infeksi dada seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau gagal jantung.

Ketika rasa sakit datang, Anda tidak diperbolehkan untuk meletakan perban pada bagian yang sakit, karena hal tersebut dapat mengakibatkan sistem paru-paru tidak berfungsi dengan baik bahkan pneumonia. Dilansir dari Patient, ditulis Minggu (03/01/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.