Sukses

Ini Dia Manfaat Lain Silica Gel

Bila kita menemukan silica pada barang yang baru dibeli, jangan langsung membuangnya.

Liputan6.com, Jakarta Bila kita menemukan silica pada barang yang baru dibeli, jangan langsung membuangnya. Sebab sekantung kecil silica ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah kelembapan pada dompet, tas atau sepatu Anda.

Seperti dimuat laman the Sun, Minggu (3/1/2015), silica gel ini berisi butir-butir silikon dioksida yang dapat menyerap kelembaban dari udara. Kantung silica 10 gram dapat menyerap hingga 4 gram air atau 20-40 persen dari beratnya sendiri.

Berikut ini, ada beberapa manfaat silica yang bisa digunakan sehari-hari, seperti:

1. Menyelamatkan ponsel tenggelam

Entah tenggelam karena jatuh di toilet, genangan air atau bahkan kolam renang, air bisa mematikan perangkat ponsel Anda. Tapi tenang, gel silica ampuh untuk mengatasi keresahan Anda. Simpan telepon genggam Anda yang basah dalam satu mangkuk yang berisi silica. Bahan kimia ini 10 kali lebih efektif menyerap lembap.

2. Menjaga keawetan foto dan buku

Gel silica juga efektif untuk mencegah lembap dan bau pada foto dan buku yang menumpuk. 

3. Menjaga make up tetap kering

Menempatkan silica dalam tas make-up Anda akan mencegahnya kosmetik seperti lipstik lengket.

4. Tas dan sepatu tidak bau

Gel silica dapat menghilangkan bakteri sehingga dapat membantu mencegah bau pada tas dan sepatu.

5. Menjaga perhiasan tetap mengkilap

Perhiasan seperti perak, umumnya rentan berubah warna menjadi hitam. Hal ini akibat lapisan korosi yang muncul bereaksi dengan bahan kimia di udara. Dalam hal ini, gel silica akan menjaga perhiasan Anda tetap mengkilap dan menyerap kelembapan udara.

6. Packing pakaian basah

Kadang-kadang ketika berkemas setelah liburan, Anda terburu-buru memasukkan pakaian renang yang basah. Pada saat tiba di rumah, kelembaban ini menyebar ke seluruh koper. Cobalah untuk melemparkan beberapa butir gel silica ke dalam koper untuk menyerap kelembaban.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.