Sukses

Atasi Nyeri Ulu Hati yang Muncul di Malam Hari

Nyeri ulu hati atau mag rentan dialami wanita hamil dibanding pria. Akan tetapi mereka dapat mengatasinya dengan cara seperti ini

Liputan6.com, Jakarta Wanita hamil dan menopause lebih rentan alami nyeri ulu hati atau mag dibanding pria. Nyeri ulu hati, suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, adalah masalah umum yang terjadi di malam hari. Baik pria maupun wanita bisa juga terkena masalah ini. Hanya saja paling sering dialami wanita.

Konsultan pencernaan di Rumah Sakit Barnet di London, Dr Steven Mann mengatakan, pada siang hari, asam mungkin sebentar masuk ke kerongkongan, tapi dengan cepat ditarik kembali ke perut. Tapi di malam hari, ketika seseorang berbaring dengan posisi datar, asam cenderung untuk beristirahat di kerongkongan lebih lama yang menyebabkan rasa sakit dan kerusakan.

"Makan makanan kecil atau makan malam tiga sampai empat jam sebelum tidur dapat membantu mengurangi kondisi ini," kata Steven dikutip dari situs Daily Mail, Jumat (1/1/2016)

Dia menyarankan, hindari alkohol, cokelat, kopi, minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas serta berlemak. Ada juga cara lain yang dapat dilakukan guna mengurangi kemungkinan sakit mag adalah dengan menumpukkan beberapa buku di bawah ujung kepala.

Menurutnya, jika tak berhasil juga, ambillah obat untuk menetralisir asam lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini