Sukses

Waspadai Bila Anak Duduk dengan Posisi W

Jangan sepelekan kebiasaan duduk si kecil bila posisinya menyerupai huruf W.

Liputan6.com, Jakarta Jangan sepelekan kebiasaan duduk si kecil bila posisinya menyerupai huruf W. Postur ini ternyata berbahaya bagi perkembangan anak dan menyebabkan masalah ortopedi. 

Seperti dikutip laman berita The Sun, Kamis (31/12/2015), dalam sebuah video yang diunggah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang terapi kesehatan fisik, Movement Rx, Dr Claudia Chaloner menerangkan bagaimana kebiasaan duduk dengan pose W tak hanya dapat mempengaruhi pinggul, tapi juga lutut, pergelangan kaki. Hal ini, menurutnya, bisa menghambat perkembangan otot postural.

"Posisi duduk W akan menyebabkan penundaan otot postural sehingga mempengaruhi keseimbangan atau stabilitas inti yang kita butuhkan, terutama ketika kita tumbuh dewasa saat akan melakukan angkat berat atau olahraga tertentu," katanya.

Dia juga menjelaskan, bagaimana duduk dalam posisi 'W' menyebabkan tekanan berlebihan pada sendi pinggul dan mengaktifkan otot inti di perut untuk menjaga postur tegak.

"Duduk dalam posisi W juga dapat menyebabkan kelemahan sendi, dan menghambat bukan hanya otot-otot postural tapi juga keterampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan," ujarnya.

W Sitting

Chaloner menambahkan, akan lebih baik bila anak-anak duduk dalam posisi bersila atau duduk dengan kaki agak menyamping. "Kami harap orang tua dapat membimbing anak-anaknya," kata dia.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.