Sukses

Seluruh Penduduk Aceh Ditanggung BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan dan Pemerintah Aceh kembali melakukan kerjasama terkait penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh

Liputan6.com, Jakarta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan dan Pemerintah Aceh kembali melakukan kerjasama terkait penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA). Dengan begitu, jumlah penduduk Aceh yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah 5.070.540 jiwa, atau 99.61persen dari total penduduk Aceh. 

Menurut Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, dengan pelaksanaan program JKRA dan disandingkan dengan jaminan kesehatan lainnya (Askes, Jamkesmas, Jamsostek, dan asuransi lainnya), maka seluruh penduduk Aceh sudah tertutupi oleh program jaminan kesehatan.

"Melalui penguatan komitmen kerjasama ini, kami berharap pelayanan jaminan kesehatan yang kami berikan dapat menuju kesempurnaan dan tingkat keluhan peserta JKRA pun menurun,” kata Fachmi melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (30/12/2015).

Fachmi mengatakan, BPJS Kesehatan membutuhkan dukungan pemahaman terhadap ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan JKRA, seperti ketentuan jumlah kepesertaan (by name, by address) sesuai dengan perjanjian kerjasama, ketentuan masa berlaku kepesertaan, ketentuan jaminan pelayanan di fasilitas kesehatan (baik di tingkat FKTP maupun di tingkat FKRTL), serta ketentuan pembayaran iuran.

"Kami berharap semoga integrasi JKRA ke JKN-BPJS Kesehatan dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah provinsi lainnya, sehingga terwujud universal coverage bagi seluruh masyarakat Indonesia pada tanggal 1 Januari 2019 sebagaimana yang diamanatkan oleh UU Nomor 40 Tahun 2004 dan UU Nomor 24 tahun 2011," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

Video Terkini