Sukses

Hati-hati, Wanita Jadi Perokok Pasif Berisiko Mandul

Wanita yang secara teratur terpapar asap rokok memiliki risiko 15-20 persen lebih besar tak subur alias mandul.

Liputan6.com, New York- Sering terpapar asap rokok mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi wanita. Namun baru-baru ini sebuah studi ungkap, menjadi perokok pasif ternyata berpengaruh terhadap kesuburan wanita.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Tobacco Control dari Roswell Park Cancer Institute menganalisis data hampir 94 ribu wanita. Ternyata wanita yang secara teratur terpapar asap rokok memiliki risiko 15-20 persen lebih besar mandul dibandingkan wanita yang jarang terpapar asap rokok.

Penulis utama, Andrew Hyland, tidak terkejut akan keterkaitan antara kedua hal ini. Namun ia tak menyangka hubungannya begitu kuat.

"Wanita yang merokok memiliki tingkat estrogen yang rendah dan tingkat estrogen yang lebih rendah terkait dengan menurunnya kemampuan untuk hamil," terang Hyland seperti dikutip laman Glamour, Rabu (30/12/2015).

Lalu ahli kesehatan perempuan, Jennifer Wider juga menyebutkan bahwa dalam asap tembakau terkandung nikotin, karbon monoksida, dan sianida yang telah terbukti mempercepat hilangnya sel telur.

"Ketika sperma mati bisa hadir kembali, namun tidak dengan wanita. Ketika sel telur mati, tidak bisa diganti," terang Wider.

Oleh karena itu, Hyland menyarankan para wanita untuk menghindari asap rokok. Jika pasangan merokok misalnya, minta kepadanya untuk merokok di luar ruangan atau jauh dari Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.