Sukses

Seluruh Kementerian Bakal Bersatu Dalam Gerakan Masyarakat Sehat

Seluruh Kementerian bakal bersatu dalam menyuarakan perilaku hidup bersih sehat

Liputan6.com, Jakarta Seluruh Kementerian bakal bersatu dalam menyuarakan perilaku hidup bersih sehat dalam Gerakan Masyarakat Sehat yang akan dicanangkan pada 2016.

Begitu disampaikan Staf Khusus Menteri Bidang peningkatan Pelayanan Kementerian Kesehatan Prof Akmal Taher saat ditemui Liputan6.com di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Selasa (29/12/2015).

"Pemerintah dalam waktu singkat akan membuat Gerakan Masyarakat Sehat pada pertengahan Januari. Program ini merupakan gerakan massal yang menyangkut semua Kementerian agar dapat berperan dalam kesehatan dan menekankan pencegahan penyakit atau preventif dan promotif," katanya.

Saat ini, kata dia, program tersebut masih dibicarakan di Bapenas untuk meminta peran masing-masing Kementerian dalam meningkatkan derajat kesehatan.

"Bukan cuma ide, misalnya, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan apa perannya, nanti dijalankan. Kemudian dari Kementerian Industri bagaimana membatasi kadar gula atau garam lemak yang bisa meningkatkan risiko diabetes dan risiko Penyakit Tidak Menular. Semua Kementerian ini dikoordinir oleh Bappenas dan diluncurkan tahun depan," ujarnya.

Akmal menambahkan, setidaknya ada dua isi dari program Gerakan Masyarakat Sehat yaitu:

1. Bagaimana kebijakan di semua kementerian berorientasi pada kesehatan.

2. Bagaimana mengajak masyarakat secara menyeluruh untuk ikut hidup sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.