Sukses

6 Manfaat Kantong Silika dalam Kehidupan Sehari-hari

Kandungan dari butiran silika tidak hanya sebagai pengawet makanan tetapi ada beberapa manfaat lainnya yang perlu diketahui

Liputan6.com, Jakarta Saat membeli makanan ringan dan berat di dalam kemasan, kita sering menemukan satu kantong kecil berbahan kertas yang berisi butiran mirip pasir atau kristal.

Seperti yang dilansir dari laman metro.co.uk, Selasa (29/12/2015), butiran dalam kantung kertas tersebut bernama silika berasal dari silikon dan oksigen. Kantong yang terisi silika ini mengandung zat yang disebut silikon dioksida, memiliki kekuatan untuk mengeringkan kelembapan.

Kebiasaan orang jika menemukan kantong kecil ini membuangnya dan meremehkan kegunaan dari butiran silika tersebut, padahal fungsi dari butiran silika ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda mengumpulkan semua butiran silika di setiap kemasan makanan Anda, maka ada seribu kegunaan dari butiran kecil ini;

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Manfaat dari Kantung Silika?

1. Menyerap air dalam ponsel

Ketika telepon genggam terjun ke permukaan air dan menyebabkan kematian total pada ponsel, cara untuk mengeluarkan air dari dalam ponsel adalah dengan merendamnya dalam beras. Namun beras bukanlah satu-satunya cara untuk menyelamatkan ponsel Anda. Mengisi mangkuk dengan butiran silika 10 kali lebih efektif daripada merendam ponsel dalam beras. Hal tersebut terjadi karena silika mengandung zat silikon dioksida yang memiliki kekuatan untuk mengeringkan kondisi lembap.

2. Mengawetkan album foto

Album foto yang sudah berusia belasan tahun biasanya kualitas warnanya mengalami kepudaran, apalagi jika disimpan di dalam ruangan yang membuat album foto lembap dan rusak.

Untuk mencegahnya Anda bisa menyelipkan beberapa kantong silika pada plastik foto di album. Kantong silika mampu menyerap uap sehingga mengurangi kondisi lembap yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur dalam album Anda.

3. Melindungi alat make-up

Menaruh kantung silika pada tas make-up Anda dapat menjauhkannya dari bau tak sedap juga jamur pada alat make up.

3 dari 3 halaman

Silika Berfungsi Menyerap Kelembaban

4. Menjauhkan bau tak sedap

Ketika pergi berolahraga atau ke gym, kita membutuhkan tas untuk membawa beberapa handuk dan baju untuk olahraga.Namun usai berolahraga, keringat yang menempel pada handuk dan baju juga membuat tas menjadi lembap dan bau.

Meletakkan beberapa kantong silika dalam tas Anda sangat berguna untuk menjauhkan bakteri penyebab bau tak sedap juga membantu menghilangkan kelembapan dalam tas.

5. Menjaga kebersihan kaca mobil

Di musim dingin, suhu menjadi semakin menurun dan mengakibatkan kaca mobil menjadi beku dan membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkannya. Meletakkan beberapa kantong silika pada dashboard mobil dapat mengurangi embun pada kaca mobil.

6. Perhiasan tetap bersih dan mengkilap

Kelembapan menyebabkan noda dan perubahan warna pada perhiasan. Dengan meletakkan beberapa kantong silika di dalam kotak perhiasan akan memperlambat proses perubahan pada perhiasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini