Sukses

9 Tanda Si Dia Bakal Jadi Ayah Hebat

Mulai dari mau berbelanja bulanan hingga mampu memami berikut tanda si Dia bakal jadi ayah yang hebat.

Liputan6.com, Jakarta Saat sudah mulai menjalin hubungan serius, para wanita tak hanya memikirkan apakah pria ini akan menjadi suami yang terbaik untuk dirinya tapi juga ayah yang baik bagi anak-anak mereka. Saat sudah menikah pun wanita masih memikirkan hal tersebut.

Sebelum dia menjadi ayah, ternyata ada beberapa tanda yang bisa dikenali untuk mengetahui apakah dia calon ayah yang baik atau tidak. Berikut sembilan diantaranya seperti dikutip laman Women's Health, Senin (28/12/2015).

1. Memahami

Pernahkan pasangan menanyakan: "Kamu lelah ya hari ini, aku pijat/ buatkan makan malam ya?" Jika hal di atas sering keluar dari mulutnya, ini tanda ia adalah sosok perhatian dan memahami apa yang pasangan butuhkan tanpa perlu diminta dan hal ini sangat dibutuhkan ketika memiliki buah hati.

"Anak-anak membutuhkan perhatian terus menerus. Hal ini dibutuhkan saat merawat buah hati maupun mengetahui suasana hati sehingga bisa mengatasi hal tersebut," terang pakar hubungan asal New York, Amerika Serikat, Jane Greer

2. Penuh kasih sayang

Apakah pasangan atau suami sering memegang jemari maupun membelai rambut serta menyayangi hewan peliharaan Anda? "Jika iya hal itu menunjukkan rasa cinta dan perhatian," terang Greer.

Satu lagi, jika ia seperti itu berarti menunjukkan kemampuannya untuk menjalin ikatan emosional demi menjaga ikatan, suatu hal penting dimiliki orangtua.

3. Bisa menangani stres

Seseorang pria bakal mampu menjadi ayah yang baik ketika ia mampu tangani stres dengan baik. Memiliki anak bakal membuat kehidupan penuh dengan stres, sehingga bagi pria yang mampu menangani stres merupakan ayah yang baik seperti diungkap terapis hubungan Rachel Sussman.

4. Berbagi makanan

"Ayah yang baik itu seseorang yang murah hati dan tidak pelit," tutur Greer.
Jadi ketika wanita makan bersama pasangan lalu dia sering tidak menawarkan makanannya dan malah meminta makanan Anda bisa jadi itu bukan pertanda baik.

5. Komunikasi terjalin baik

Jika pasangan merasa nyaman ia akan mengungkapkan kesannya terhadap pasangan atau berbicara tentang masa depan seperti diungkapkan Susman. "Pria seperti ini akan menjadi orangtua yang baik karena segala keputusan dibicarakan berdua. Lalu, pria seperti ini juga cenderung untuk mengungkapkan ketika tidak suka terhadap sebuah keputusan," terang Sussman lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak malu belanja bulanan dan memasak

6. Tak malu untuk berbelanja bulanan, memasak, dan membersihkan rumah

Berbelanja bulanan, memasak, dan membersihkan rumah bukan sekedar urusan istri, melainkan kerjasama antara suami dan istri. Jika pasangan mau melakukan hal tersebut ini merupakan pertanda ia akan jadi ayah yang baik.

"Tapi jika ia tidak berkenan melakukan hal tersebut, bisa jadi ada masalah nanti di kemudian hari," terang Sussman.

7. Mau berkorban

Rela mengantar hingga sampai rumah, rela waktunya tersita demi menemani datang ke kondangan daripada menonton bola, atau menjaga semalaman ketika sakit. Hal-hal seperti ini menunjukkan ia tidak egois melainkan fleksibel dan responsif, suat hal yang dibutuhkan ketika menjadi pasangan dan orangtua seperti dituturkan Greer.

8. Ucapannya bisa dipercaya

Jika ia mengatakan akan melakukan hal tersebut dan kemudian melakukannya tanpa perlu diingatkan ia adalah calon ayah yang baik seperti dituturkan Greer. Hal ini penting karena tidak bisa mengurus anak dengan seseorang yang tidak bisa dipercaya atau harus terus menerus diingatkan.

9. Memiliki hubungan hebat

Memiliki hubungan yang kuat bisa menjadi pondasi menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak. "Jika Anda berdua saling mencintai, menghormati, memiliki komunikasi yang baik, persahabatan yang kuat, melakukan banyak hal menyenangkan bersama, dan sama-sama ingin punya anak, kombinasi semuanya akan membuat Anda menjaid orangtua hebat," terang Sussman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini