Sukses

3 Kondisi Kesehatan yang Perlu Diperhatikan Wanita Hamil

Berikut tiga kondisi yang perlu diperhatikan oleh wanita di masa kehamilannya.

Liputan6.com, Jakarta Mengandung atau hamil merupakan pengalaman yang luar biasa bagi seorang wanita. Sayangnya tak semua wanita merasakan kehamilan yang sehat dan bebas masalah. Bahkan kecenderungannya beberapa wanita merasakan kondisi yang kurang nyaman ketika hamil, mulai dari mual di pagi hari (morning sickness), diabetes gestational, hingga nyeri punggung atau masalah kesehatan lainnya.

Beberapa gangguan kesehatan tersebut ada yang kemudian mereda setelah mendapat pengobatan. Penting untuk rutin memeriksakan kesehatan Anda selama masa kehamilan. Meski beberapa masalah kesehatan yang dialami para ibu hamil adalah yang umum dan normal, namun ada juga yang berbahaya dan perlu diperhatikan.

Berikut tiga kondisi yang perlu diperhatikan oleh wanita di masa kehamilannya, dilansir dari laman Inminutes, Sabtu (26/12/2015):

1. Dehidrasi

Beberapa wanita mengalami morning sickness yang bahkan berlangsung sepanjang hari hingga membuat mereka tak bisa mempertahankan apa yang telah dikonsumsi, bahkan seteguk air sekalipun. Padahal janin yang dikandung memerlukan asupan nutrisi dari sang ibu. Jika ibu tak bisa makan dengan baik dan dehidrasi, ini bisa membahayakan bagi janin. Jadi, jika Anda mengalami morning sickness yang begitu mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. 

2. Diabetes gestational

Meski jumlah wanita yang menderita diabetes gestational hanya sedikit, ini bukanlah hal yang bisa diabaikan. Diabetes gestational perlu ditangani dengan baik dan sebaiknya juga dilakukan tindakan agar terhindar dari penyakit ini.

Sebagian wanita akan pulih dari diabetes gestational segera setelah melahirkan. Tapi pada beberapa kasus lainnya, wanita tersebut akan tetap mengidap diabetes gestational. Penyakit itu pun juga bisa memengaruhi bayi yang dikandung. Karenanya cobalah untuk tidak terlalu menuruti keinginan makan berlebih dan mengontrol asupan gula di masa kehamilan.

3. Perdarahan atau nyeri perut

Jika Anda mengalami flek merah muda, kecokelatan, atau merah selama masa kehamilan, segeralah periksakan diri ke dokter. Itu bisa jadi pertanda awal keguguran atau kelahiran prematur. Pun jika Anda merasakan sakit di perut bagian bawah atau kontraksi, jangan dianggap sepele. Anda perlu mencari bantuan secepatnya.

Selain memerhatikan ketiga kondisi yang telah disebutkan tadi, Anda juga perlu menghindari kondisi stres yang bisa memengaruhi kesehatan Anda dan janin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini