Sukses

3 Penyakit Ini Dampak dari Air yang Tercemar

Banyak penyakit yang disebabkan oleh air yang tercemar seperti berikut.

Liputan6.com, Jakarta Air adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tidak hanya untuk meredakan rasa haus, air juga diperlukan dalam berbagai proses yang ada di dalam tubuh dan kekurangan air dapat menjadi ancaman kesehatan yang serius bagi manusia. Tetapi manusia seringkali malah mencemari air yang ada di lingkungan mereka. Hal ini tentu sangat berbahaya termasuk bagi kesehatan karena banyak penyakit yang disebabkan oleh air yang tercemar seperti berikut:

Diare

Diare adalah salah satu penyakit paling umum ditemui yang disebabkan oleh pencemaran air. Diare dapat mengakibatkan dehidrasi dan kematian bagi anak-anak. Cara pencegahannya dapat dilakukan dengan merebus air yang akan diminum untuk membunuh bakteri di dalam air. Diare yang sudah parah dan disertai dengan darah dan penyakit lain seperti demam dan muntah disebut dengan disentri. Selain disentri, gejala yang serupa juga ditemukan pada orang yang terserang Kolera yang disebabkan bakteri vibrio chlorae atau orang yang terserang Amoebiasis.

Hepatitis A

Laman Newhealthadvisor, Jumat (25/12/2015) mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus dan menyerang hati Anda. Selain ditularkan oleh air yang tercemar, Hepatitis A juga dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. Gejala penyakit ini antara lain, diare, sakit perut, mual, kelelahan, dan depresi. Penyakit lain yang disebabkan oleh virus di air yang tercemar adalah polyomavirus dan polio. Di mana polyomavirus merupakan tumor yang dapat menyerang manusia dan hewan. Sedangkan polio adalah virus yang menyerang aliran darah dan sistem saraf.

Keracunan timah

Ini adalah salah satu penyakit yang serius dan pencemarannya tidak secara langsung disebabkan oleh manusia, melainkan oleh pipa air yang sudah tua. Anak-anak yang terkena keracunan ini tidak hanya dapat mengalami anemia dan hipertensi, tetapi juga gangguan pada organ seperti ginjal dan organ reproduksi. Selain itu timah yang masuk ke dalam tubuh juga dapat mengganggu sistem saraf. Karena itu pastikan Anda mengganti pipa air secara teratur dalam jangka waktu tertentu.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari pencemaran air. Tentunya cara yang paling penting untuk mencegah Anda terkena penyakit tersebut adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri, terutama tangan yang Anda pakai untuk makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini